eprintid: 60400 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/04/00 datestamp: 2023-09-19 01:09:47 lastmod: 2023-09-19 01:09:47 status_changed: 2023-09-19 01:09:47 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nur Lela Sari, NlM.: 00470504 title: PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN BAGI SISWA SDIT BINA ANAK SHOLEH GIWANGAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Metode Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Nilai Keagamaan note: Pembimbing: Drs. Ahmad Arif M. Ag abstract: Islam telah memberikan pedoman-pedoman pendidikan utama pada setiap JIWa anggota masyarakat, baik terhadap anak-anak maupun terhadap orang dewasa, laki-laki maupun perempuan, orang tua maupun pemuda dengan dasar-dasar kcfwaan yang muha dan mantap dcngan mcnggunakan pcdoman-pcdoman pendidikan yang abadi. Pendidikan Islam mewajibkan kepada setiap gurunya untuk senantiasa mengingatkan bahwa kita tidaklah sekedar membutuhkan ilmu, tetapi kita senantiasa mcmbutuhkan akhlak yang baik. Para pendidik harus scnantiasa ingat bahwa pembentu:kan akhlak yang baik di kalangan pelajar dapat dilakukan dengan latihan-latihan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneltian kualitatif( Qualitative Research ), yakni jenis penelitian yang menghasilkan penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur statistik atau cara Iain dari kuantifikasi ( pengukuran ). Jadi penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tentang peranan pengasuh Yayasan Bina Anak Sholeh dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan bagi siswa SDIT BIAS Yogyakarta. Peneliti akan mengkaji dengan seksama penanaman nilai-nilai keagamaan di SDIT Bina Anak Sholeh yang akan dilakukan dengan wawancara, obsen asi dan dokumentasi. Hasil penelitian 1. Upaya yang ditempuh oleh SDTT BIAS Giwangan untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan mempergunakan pendekatan belajar, yaitu, learning by doing, habit forming, human approach ,dan small group. Dalam proses penanman nilai-nilai keagamaan, mempergunakan beragam bentuk kegiatan, yaitu : tahfidul Qur' an, sholat dhuhur berjamaah, makan bersama, study lapangan, olah raga dan pramuka. 2. Bentuk pelaksanaan untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan bagi siswa SDIT BIAS Giwangan adalah: Proses pelaksanaan dalam penanaman nilai keagamaan mempergunak:::.n sistem fit!i day school , dimana anak didik dikelompokan dalam kelas sesuai dengan jenjang pendidikanya. Dalam proses pelaksanaan, SDIT BIAS Giwangan melakukan transfonnqsi nilai - nilai Islam sebagai substansi dan implikasi dari segala aspek kehidupan, maka dalam proses penyampain materi pengajaran para ustadz / ustadzah melakukan beberapa kcgiatan pengajaran, yaitu ( a ), perencanaan, ( b ), metode pembelajaran, ( e ), evaluasi. date: 2004-07-30 date_type: published pages: 96 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nur Lela Sari, NlM.: 00470504 (2004) PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN BAGI SISWA SDIT BINA ANAK SHOLEH GIWANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60400/1/00470504_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60400/2/00470504_BAB%20II_BAB%20III.pdf