TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Sarjono, M.Si ID - digilib60409 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60409/ A1 - Sri Sutiati Winarsih, NIM.: 01410577 Y1 - 2005/12/16/ N2 - Pendidikan sebagai proses belajar mengajar mempunyai berbagai faktor yang saling mempengaruhi dan berimplikasi terhadap keberhasilan pendidikan itu sendiri. Salah satu faktor penting agar kegiatan pembelajaran dapat membuahkan hasil sesuai dengan tujuan pendidikan adalah pemilihan dru1 penggunaan model pembelajaran. Model pembelajru·an dapat diartikan sebagai pola atau rencana dalam penyusunan kurikulum. pengaturan materi pelajaran, dan acuan bagi pendidik dalam menentukan seting pengajaran maupun strategi yang akan digunakan. Penelitian ini adalah jenis penelitian yang pengumpulan datanya dari lapangan. Adapun yang dimaksudkan oleh penulis adalah lapangan sekolah yakni SMP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta. Hasil penelitian enerapan KBK yang diterapkan di SMP M11hammadiyah 3 Depok Sleman selama 4 tahun baik sejak menjadi mini poling sampai saat ini, belum dapat dikatakan berjalan secara maksimal. Baik itu dart~ persiapan sekolah sendiri (bangunan sekolah yang masih kurang), para guru yang belum menyadari arti pentingnya rencana pembelajaran (RP) sehingga Jarang menerapkannya dalam pembelajaran, serta sarana prasarana yang belum memadai. Dari segi pengetahuan dan kemampuan guru tarikh dalam memotivasi peserta didik dalam belajar dapat dikatakan sudah mahir. Hal ini dikarenakan guru tersebut telah sering mengikuti talk show tentang KBK dan beliau menerapkannya dalam pembelajaran materi tarikh. Sehingga antara materi yang diajarkan dengan metode dan media yang akan digunakan telah sesuai, sehingga minat peserta didik dalam belajar sangat tinggi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Proses Pembelajaran KW - Materi Tarikh KW - Kurikulum KW - Kompetensi M1 - skripsi TI - PEMBELAJARAN MA TERI TARIKH BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK YOGYAKARTA AV - restricted EP - 101 ER -