@phdthesis{digilib60427, month = {October}, title = {USAHA GURU DALAM MENUMBUHKAN SIKAP KERJASAMA ANAK (STUDI KASUS DI TK ABA CEMPAKA DEMANGAN YOGYAKARTA)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 01410807 Anis Mu'awanah}, year = {2005}, note = {Pembimbing: Umi Baroroh, M.Ag}, keywords = {Pengembanagn Sikap, Pendidikan Anak Usia Dini, Sikapkerjasama}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60427/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha guru dalam menumbuhkan sikap kerjasama pada anak TK ABA Cempaka Demangan Y ogyakarta dan hasil dari usaha tersebut serta faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan sikap kerjasama. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, khususnya yang menyangkut sikap kerjasama anak TK dan diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para guru untuk meningkatkan sikap kerjasama pada anak, khususnya para guru TK ABA Cempaka Demangan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatit dengan mengambil Jatar TK ABA Cempaka Demangan Y ogyakarta. Pengmpulan data yang {\ensuremath{<}}lilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi, Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Usaha yang dilakukan guru TK ABA Cempaka dalam menumbuhkan sikap kerjasama pada anak adalah mengelompokkan tempat duduk siswa sesuai dengan umur, mengajarkan kepada siswa untuk tolong menolong dan bantu membantu, menggambar dan mewamai bersama. menyanyi bersama, bermain kolektif, olahraga bersama, serta memberikan cerita yang mencerminkan sikap kerjasama. (2) Hasil dari usaha guru TK ABA Cempaka dalam menumbuhkan sikap kerjasama adalah sebagian kecil dari siswa TK ABA Cempaka sudah memiliki sikap kerjasama yang baik dengan sesama teman. Hal ini dapat dilihat dari sebagian siswa TK ABA Cempaka suka tolong-menolong, bantu membantu, ramah, terbuka. serta percaya pada diri sendiri. (3) Faktor yang mendukung dalam menumbuhkan sikap kerjasama pada anak adalah (a) Kurikulum dan metode telah tersedia, sehingga guru tinggal menerapkan saja, (b) Bahan pengembangan yang dirancang dalam GBPP sudah dimiliki oleh TK ABA Cempaka. (c) Rata-rata guru yang ada di TK ABA Cempaka telah memiliki pengalaman mengajar yang cukup disamping itu mereka sering mengadakan studi banding ke lembaga yang lebih baik dalam rangka mencari masukan terhadap upaya pengembangan sikap kerjasama, ( d) Alat permainan lengkap. (4) Faktor penghambat dalam menumbuhkan sikap kerjasama adalah (a) Siswa yang ada di TK ABA Cempaka jumlahnya banyak, yaitu 58 siswa. Sedarigkan guru yang ada di TK ABA Cempaka jumlahnya 4 orang. Hal ini menunjukkkan bahwa guru yang ada tidak mencukupi, sehingga pelaksanaan belajar mengajar tidak bisa berjalan dengan lancar. (b) Kurang kerjasama dari pihak orang tua anak didik di TK ABA Cempaka. Orang tua siswa belum dapat memberikan keteladanan sehingga sulit bagi guru untuk menumbuhkan sikap kerjasama pada anak tanpa adanya bantuan dari wali murid. (c) Belum ada lembaga khusus yang berupaya mengakomodasi dan mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh anak. didik.} }