eprintid: 60436 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/06/04/36 datestamp: 2023-09-19 06:35:01 lastmod: 2023-09-19 06:36:19 status_changed: 2023-09-19 06:35:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dyah Wuri Sedyati, NIM. 03450449 title: PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA I DENGAN POLA INTEGRATIVE LEARNING BERP ARADIGMA PROPHETIC INTELLIGENCE UNTUK ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_tad full_text_status: public keywords: Integrative Learning, Paradigma Prophetic Intelligence. note: Pebimbing : Drs. Satino, M.Si abstract: Pembelajaran Integrative Learning Berparadigma Prophetic Intelligence bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, serta prestasi mereka pada materi Arthropoda akibat pengaruh Pendidikan Sains (Biologi) yang mereka pelajari. Lebih spesifiknya, untuk mengetahui bagaimana penerapan pola integrative learning berparadigma prophetic intelligence dan pengaruh serta implikasinya dalam pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Y ogyakarta I. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pola pembelajaran integrative learning berparadigma prophetic intelligence. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X B MAN I Y ogyakarta dengan materi Arthropoda. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar angket, lembar observasi (kegiatan guru dan siswa), pre-test dan post-test, catatan lapangan dan peneliti sendiri. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase keberhasilan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam satu pertemuan. Dari hasil test terlihat bahwa keberhasilan penelitian ini tercapai pada siklus II, dengan angka keberhasilan tuntas sebesar 80,5%. Pada setiap siklus, prestasi siswa meningkat dengan rata­rat;i. 55,5% atau jika dibulatkan menjadi 56%. Sela.in itu, dari hasil observasi terhadap aktivitas siswa terlihat bahwa aktivitas siswa dij}am mengikuti proses pembelajaran mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi. Secara eksplisit, pembelajaran Biologi d date: 2007 date_type: published pages: 252 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiah dam Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Dyah Wuri Sedyati, NIM. 03450449 (2007) PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA I DENGAN POLA INTEGRATIVE LEARNING BERP ARADIGMA PROPHETIC INTELLIGENCE UNTUK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60436/1/03450449_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60436/2/03450449_BAB%20II_BAB%20IV.pdf