%0 Thesis %9 Skripsi %A Lathifah, NIM.: 01420739 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2006 %F digilib:60445 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Prestasi Membaca, Kitab Kuning, Penguasaan Qawaid %P 104 %T STUDI KORELASI PENGUASAAN QOWAID, KOSAKATA DAN TEHNIK MEMBACA TERHADAP PREST ASI MEMBACA KITAB KUNING SISWA KELAS II MA WAHID HASYIM YOGAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60445/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sejauh mana hubungan antara pen6ruasaan qowaid, kosakata dan tehnik membaca siswa terhadap prestasi membaca kitab kuning siswa kelas II MA wahid Hasyim. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II MA Wahid Hasyim tahun pdajaran 2005 / 2006 sebanyak 27 siswa. Pengumpuylan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, angket dan dokumantasi. Analisis data meliputi analisis validitas dan realibilitas. Basil validitas menunjukkan 20 butir angket 18 dinyatakan valid, dan dari 35 soal tes, terdapat 34 butir dinyatakan valid. Sedang hasil analisis realibilitas menunjukkan koefisien masing-masing variabel dinyatakan reliabel sebesar 0.927, 0.902, 0.934 dan 0. 877. Analisis data ... meliputi analisis deskriptif, analisis korelasi dan analisis regresi ganda. Basil penelitian menunjukkan: 1. Tingkat penguasan qowaid siswa kelas II MA Wahid Hasyim berada pada kategori sedang atau cukup yaitu rata- rata berada pada 78 - 69. Penguasaan kosakata siswa kelas II MA Wahid Hasyim berada pada kategori sedang atau cukup yaitu rata- rata barada pada 45 - 70,5. Tehnik membaca mereka juga berada dalam kategori cukup yaitu berada pada rata -, rata 47 -35. Begitu juga prestasi membaca kitab kuning siswa kelas II MA \Vahid Hasyim juga dalam ka.tegori sedang atau cukup yaitu pada rata - rata 70 - 69. 2. Ada hubungan positif yang signifikan antara penguasaan qowaid dengan prestasi membaca kitab kuning. Hal ini berarti, semakin tinggi tingkat penguasaan qowaid siswa akan menyebabkan semakin tinggi pula prestasi membaca kitab kuningnya. 3. Ada hubungan positif yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan prestasi membaca kitab kuning siswa kelas II MA Wahid Hasyim. Hal ini juga berarti, semakin tinggi tingkat penguasaan kosakata siswa akan memnyebabkan semakin tinggi pula prestasi membaca kitab kuningnya. 4. Ada hubungan positif yang signifikan antara tehnik membaca dengan prestasi membaca kitab laming siswa kelas II MA Wahid Hasyim. Hal ini berarti, semakin baik tehnik membaca akan menyebabkan semakin baik-pula prestasi membaca siswa tersebut. 5. Ada hubungan positif yang signifikan antara penguasaan qowaid, kosakata dan tehnik mernbaca terhadap prestasi membaca kitab kuning siswa kelas II MA Wahid Hasyim. Hal ini berarti, rnenunjukkan semakin tinggi tingkat penguasaan qowaid, kosakata