TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Tasman Hamami, MA ID - digilib60453 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60453/ A1 - Anik Kurniati, NIM. 97413603 Y1 - 2004/// N2 - Kurikulum Pondok Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Shabran terdiri dari dua yaitu : Pertama, yang bersifat kurikuler yang meliputi tiga komponen mata kuliah : mata kuliah dasar keahlian (MKDK), mata kuliah khusus keahlian (MKK), mata kuliah pelengkap (MKP). Dari ketiga komponen mata kuliah tersebut semuanya beorientasi pada pencapaian tujuan pendidikan yaitu sebagai kader ulama, pemimpin organisasi, da'iyah dan pemikir Islam. Untuk menguatkan ketiga kompetensi tersebut, di dalam 3 komponen mata kuliah terkandung ilmu-ilmu yang mendukung terhadap pencapaian 3 kompetensi tersebut ; materi-materi keislaman untuk mendukung dimensi keulamaan (DU) atau sebagai ulama, materi-materi korganisasian atau kemuhammadiyahan untuk mendukung dimensi kemuhamrnadiyahan (DM) atau sebagai pernirnpin organisasi, rnatcri­materi dakwah dan kernasyarakatan untuk mendukung dimensi dakwah dan kemasyarakatan (DDM) atau sebagai da'iyah kemudian materi- materi metodologis untuk mendukung dimensi metodologis (DMT) atau sebagai pemikir Islam. Kedua, yang bersifat non kurikuler diantaranya ko­kurikuler yaitu kegiatan untuk menguatkan dan mengembangkan terhadap ketiga kompetensi tersebut, diantaranya : mubalig hijrah, baca kitab, diskusi ilmiah, stadium general, kegiatan pelatihan kader sena kegiatan ang bersifat tarbiyah dan bemuansa ruhiyah yang dapat mendukung akhlak ulama seperti tahfidz al-Qur' a dan al-Hadits, qiyamul lail, puasa sunnah, khutbah jum'at, dan pembinaan masyarakat sekitar Makamhaji. kemudian ektrakurikuler yaitu kegiatan yang dapat meningkatkan bakat dan minat mahasantri seperti Tapak Suci, olah raga dan kesenian ditambah program pembinaan yang bersifat terpadu . 2. Hubungan isi kurikulum Pondok Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Shabran dengan program UMS adalah hubungan fungsional karena UMS dapat mengembangkan F AI khususnya Jurusan Ushuluddin di Pondok baik secara kulitatif maupun kuantitatif yaitu dengan mengembangkan proses belajar mengajar bagi mahasiswa UMS yang mengikuti program pondok. Berdasarkan hal itu, maka kurikulum yang diterapkan di Pondok Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Shaô??¦ran UMS bersifat integratif dan terpadu dengan program UMS khususnya F AI Jurusan Ushuluddin. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - KURIKULUM PONDOK MUHAMMADIYAH HAJJ AH NURIYAH SHABRAN M1 - skripsi TI - KURIKULUM PONDOK MUHAMMADIYAH HAJJ AH NURIYAH SHABRAN UNIVERSIT AS MUHAMMADIYAH SURAKART A AV - restricted EP - 127 ER -