eprintid: 60453 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/06/04/53 datestamp: 2023-09-19 08:15:20 lastmod: 2023-09-19 08:15:20 status_changed: 2023-09-19 08:15:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anik Kurniati, NIM. 97413603 title: KURIKULUM PONDOK MUHAMMADIYAH HAJJ AH NURIYAH SHABRAN UNIVERSIT AS MUHAMMADIYAH SURAKART A ispublished: pub subjects: kur_pen subjects: pdk divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: KURIKULUM PONDOK MUHAMMADIYAH HAJJ AH NURIYAH SHABRAN note: Pembimbing : Dr. Tasman Hamami, MA abstract: Kurikulum Pondok Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Shabran terdiri dari dua yaitu : Pertama, yang bersifat kurikuler yang meliputi tiga komponen mata kuliah : mata kuliah dasar keahlian (MKDK), mata kuliah khusus keahlian (MKK), mata kuliah pelengkap (MKP). Dari ketiga komponen mata kuliah tersebut semuanya beorientasi pada pencapaian tujuan pendidikan yaitu sebagai kader ulama, pemimpin organisasi, da'iyah dan pemikir Islam. Untuk menguatkan ketiga kompetensi tersebut, di dalam 3 komponen mata kuliah terkandung ilmu-ilmu yang mendukung terhadap pencapaian 3 kompetensi tersebut ; materi-materi keislaman untuk mendukung dimensi keulamaan (DU) atau sebagai ulama, materi-materi korganisasian atau kemuhammadiyahan untuk mendukung dimensi kemuhamrnadiyahan (DM) atau sebagai pernirnpin organisasi, rnatcri­materi dakwah dan kernasyarakatan untuk mendukung dimensi dakwah dan kemasyarakatan (DDM) atau sebagai da'iyah kemudian materi- materi metodologis untuk mendukung dimensi metodologis (DMT) atau sebagai pemikir Islam. Kedua, yang bersifat non kurikuler diantaranya ko­kurikuler yaitu kegiatan untuk menguatkan dan mengembangkan terhadap ketiga kompetensi tersebut, diantaranya : mubalig hijrah, baca kitab, diskusi ilmiah, stadium general, kegiatan pelatihan kader sena kegiatan ang bersifat tarbiyah dan bemuansa ruhiyah yang dapat mendukung akhlak ulama seperti tahfidz al-Qur' a dan al-Hadits, qiyamul lail, puasa sunnah, khutbah jum'at, dan pembinaan masyarakat sekitar Makamhaji. kemudian ektrakurikuler yaitu kegiatan yang dapat meningkatkan bakat dan minat mahasantri seperti Tapak Suci, olah raga dan kesenian ditambah program pembinaan yang bersifat terpadu . 2. Hubungan isi kurikulum Pondok Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Shabran dengan program UMS adalah hubungan fungsional karena UMS dapat mengembangkan F AI khususnya Jurusan Ushuluddin di Pondok baik secara kulitatif maupun kuantitatif yaitu dengan mengembangkan proses belajar mengajar bagi mahasiswa UMS yang mengikuti program pondok. Berdasarkan hal itu, maka kurikulum yang diterapkan di Pondok Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Shaô€�¦ran UMS bersifat integratif dan terpadu dengan program UMS khususnya F AI Jurusan Ushuluddin. date: 2004 date_type: published pages: 127 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiah dam Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Anik Kurniati, NIM. 97413603 (2004) KURIKULUM PONDOK MUHAMMADIYAH HAJJ AH NURIYAH SHABRAN UNIVERSIT AS MUHAMMADIYAH SURAKART A. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60453/1/97413603_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60453/2/97413603_BAB%20II_BAB%20III.pdf