@phdthesis{digilib60464, title = {PENGELOLAAN SUPERVISI PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 97473745 Iman Farikin}, year = {2004}, note = {Pembimbing : Drs. M. Jamroh Latiet M.Si}, keywords = {Supervisi Pendididikan, SMP Muhammadiyah 3}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60464/}, abstract = {Teknik-teknik supervisi pendidikan yang diterapkan kepala sekolah sebagai supervisor dalam melaksanakan tugas supervisinya rneliputi; teknik individu dan teknik kelompok. Untuk teknik yang bersifat individu diterapkan kunjungan kelas, kunjungan observasi dan percakapan pribadi. Sedangkan untuk teknik yang bersifat kelompok yaitu, rapat guru, pertemuan orientasi bagi guru-guru barn, dan studi kelornpok antar guru. Pelaksanaan supervisi pendidikan SMP Muhamrnadiyah 3 Depok, khususnya yang berkaitan dengan usaha peningkatan kinerja guru, sudah cukup baik dan berjalan dengan lancar. Berbagai upaya peningkatan dan pengembangan profesionalitas guru telah diusahakan. Hasil yang tercapai dalam pelaksanaan supervisi pendidikan dalam rangka peningkatan kinerja guru SMP Muharnrnadiyah 3 Depok sudah cukup baik. Hal ini, dapat dibuktikan melalui administrasi guru yang tertata rapi, prestasi belajar dan prestasi siswa di bidang Iain pun sudah reiatifbaik. Tuntutan untuk meningkatkan profesionalitas kinerja guru-guru dalarn proses pernbelajaran sernakin tinggi, akibat pernberlakuan KBK. Adanya piloting KBK di SMP Muhammadiyah 3 Depok sejak tahun 2002/2003, sangat membantu guru-guru dalam pelaksanaan pemberlakuan KBK sebagai Kurikulum 2004 yang tahun ajaran barn 2004/2005 ini telah berlaku untuk seluruh SMP.} }