%0 Thesis %9 Skripsi %A Nuzhiyati, NIM.: 01460875 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2006 %F digilib:60468 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pendekatan Konstruktivisme, Metode Inquiry Terpimpin, Pembelajaran Fisika %P 102 %T UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MELALUI PENDEKA TAN KONSTRUKTIVISME DENGAN METODE INQUIRY TERPIMPIN POKOK BAHASAN SUHU PADA SISWA KELAS VIII MTsN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2005/2006 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60468/ %X Penelitian m1 bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan metode antara inquiry terpimpin dengan pendekatan konstruktivisme dan metode diskusi informasi terhadap prestasi belajar fisika, untuk mengetahui pengaruh sikap belajar fisika dan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar fisika serta untuk membuktikan adanya interaksi yang signifikan antara penggunaan metode mengajar, sikap belajar fisika, dan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar fisika. Subjek penelitian adalah siswa-siswa MTsN Yogyakarta II kelas IIB dan UC, yang terdiri dari 38 dan 37 siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini mcnggunakan rancangan " The Static Desain Group" dengan model rancangan " The Static Group Comparision; Randomi::ed Control Group Only Design". Hasil penelitian melalui uji anava dan anakova didapat dengan Fhi1 masing-masing adalah 13,747 dan 14,997 dan ini lebih besar dari F1,s% =3,98. Hal m1 menunjukan bahwa metode inquiry terpimpin dengan pendekatan konstrutivisme memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap prestasi belajar Fisika daripada metode diskusi informasi baik melibatkan variabel sertaan maupun tanpa mehbatkan variabel sertaan, yang ditandai dengan besamya nilai 11 Y = 4,808 lebih besar dari BRS t,5% yakni 3,708 (/1 Y> BRS t,5%). Dalam penelitian ini variabel sertaanya adalah sikap belajar fisika dan kemampuan numerik yang berpengaruh terhadap prestasi belajar fisika dengan menghasilkan Fhit sebesar 11,569 dan ini lebih besar dari F1,s%= 3,13 dengan sumbangan efektif sebesar 10,755% dan 13,565%. Selanjutnya untuk interaksi antara penggunaan metode mengajar, sikap belajar fisika dan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar fisika ditunjukan dengan harga Fhit sebesar 2,161 yang lebih besar dari F1,s¾= 2,03. %Z Pembimbing: Drs. Murtono, M.Si