@phdthesis{digilib60485, title = {PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH I BANTUL ( studi kasus kemahiran membaca dan menulis)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 04420923 Siti Noor Faizah}, year = {2008}, note = {Pembimbing :}, keywords = {Pembelajaran bahasa Arab, kurukulum Ismuba , SMA Muhammadiyah Bantul}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60485/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab di kelas X SMA Muhammadiyah 1 Bantul dan kemahiran siswa kelas X dalam membaca dan menulis sebagai hasil pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Dalam hal ini, penelitian dilaksanakan di SMA Muhammdiyah 1 Bantul. Tekknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes yaitu tes tulis dan tes lisan.Adapun sumber data penelitian ini diperoleh dari siswa kelas X, guru bahasa Arab dan Kepala sekolah SMA Muhammadiyah 1 Bantul. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab dikelas X SMA Muhammadiyah 1 Bantul telah terencana, hal tersebut dapat di lihat dengan adanya pelaksanaan pembelajaran (RPP). Metode yang digunaka guru dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu metode ceramah, metode menulis, metode membaca, metode tarjamah, metode pemberian tugas dan metode tanya jawab. Dilihat dari evaluasi pembelajaran bahasa Arab nilai rata-rata kemahiran membaca siswa kelas X SMA Muhammadiyah Bantul adalah 68 dan kemahiran menulis 62 serta nilai tersebut dalam kategori cukup} }