%A NIM.96473444 Heri Kusnadi %O Pembimbing : Drs. H. M. Budiyanto %T METODE USWATUN HASANAH DALAM PENDIDIKAN ANAK (Studi Analisis Psikologis) %X Anak selalu mengalami berkembangan. Perkembangan suatu fungsi disebabkan oleh pertumbuhan material dan perubahan tingkah laku hasil belajar (pendidikan). Maka perkembangan pribadi manusia merupakan perubahan kualitatif fungsi kepribadian akibat pertumbuhan dan belajar (pendidikan). Faktor-faktor perkembangan anak ditinjau dari sudut asalnya dapat digolongkan menjadi dua, yaitu: motif-motif biogenesis dan motif-motif sosiogenasis. Motif-motif biogenesis merupakan motif-motif yang berasal dari kebutuhan-kebutuhan orgarnsme orang demi kelanjuran kehidupannya secara biologis, seperti lapar, haus, istirahat, kebutuhan biologis dan lain sebagainya. Sedangkan motif-motif sosiogenasis adalah motif-motif yang dipelajari orang dan berasal dari lingkungan kebudayaan tempat orang itu berada dan berkembang. Motif-motif sosiogenesis tidak berkembang dengan sendirinya, tetapi berdasar interaksi sosial dengan orang-orang atau hasil kebudayaan. 3. Fase-fase Perkembangan anak dapat diklasifikasikan menjadi: a. Fase perkembangan berdasarkan biologis, yaitu: perkembangan anak dengan melihat proses pertumbuhan psikologisnya, karena pertumbuhan biologis anak berpengaruh terhadap perkembangan kejiwaan anak. Fase perkembangan berdasarkan didaktis adalah klasifikasi perkembangan anak ditinjau dari materi apa yang dapat diberikan kepada anak, metode apa yang tepat diterapkan dalam mendidik anak usia itu. Fase perkembangan berdasarkan psikologis adalah klasifikasi perkembangan anak dengan melihat aspek psikologis. %K Metode uswatun Khasanah, pendidikan anak %D 2004 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib60486