relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60487/ title: PENGEMBANGAN KURIKULUM DI PONDOK PESANTREN NURUL FALAH TEGALRANDU SRUMBUNG MAGELANG creator: Zen Hilali, NIM. 97413612 subject: Kurikulum subject: Pendidikan description: Hasil Pengembangan kurikulum Pondok Pesantren Nurul Falah memiliki spektrum yang Iuas yaitu penambahan materi agama berupa Qawa 'idul Fiqhiyah dan dasar-dasar ketrampilan yang bersifat pragmatis yang menunjang fundamental ekonomi yang mencakup pertanian, perikanan, petemakan, perkoperasian dan keorganisasian. Ketrampilan ini merupakan pengembangan dalam bidang kurikulum ekstrakurikuler. Pondok ini tetap konsisten pada model pesantren salaf yang bertugas untuk melestarikan dan memelihara khazanah keilmuan klasik agar ia tetap eksis sebagai ilmu dan pedoman amal bagi masyarakat saat ini. 2. Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pengembangan kurikulum di pesantren Nurul Falah yaitu: a. Faktor-faktor yang menjadi pendukung yaitu: 1. Relasi antar pondok pesantren yang tergabung dalam Rabithah Ma' ahid Islamiyah (RMI) 2. Dukungan material dari pemerintah 3. Kontribusi SDM dari Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Magelang 4. Partisipasi aktif masyarakat 6. Alumni pesantren yang mendukung perkembangan pondok Nurul Falah 7. Adanya kesadaran santri dalam membantu program pondok date: 2004 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60487/1/97413612_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60487/2/97413612_BAB%20II_BAB%20III.pdf identifier: Zen Hilali, NIM. 97413612 (2004) PENGEMBANGAN KURIKULUM DI PONDOK PESANTREN NURUL FALAH TEGALRANDU SRUMBUNG MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.