TY - THES N1 - Pembimbing : Sukiman, S. Ag, M.Pd ID - digilib60487 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60487/ A1 - Zen Hilali, NIM. 97413612 Y1 - 2004/// N2 - Hasil Pengembangan kurikulum Pondok Pesantren Nurul Falah memiliki spektrum yang Iuas yaitu penambahan materi agama berupa Qawa 'idul Fiqhiyah dan dasar-dasar ketrampilan yang bersifat pragmatis yang menunjang fundamental ekonomi yang mencakup pertanian, perikanan, petemakan, perkoperasian dan keorganisasian. Ketrampilan ini merupakan pengembangan dalam bidang kurikulum ekstrakurikuler. Pondok ini tetap konsisten pada model pesantren salaf yang bertugas untuk melestarikan dan memelihara khazanah keilmuan klasik agar ia tetap eksis sebagai ilmu dan pedoman amal bagi masyarakat saat ini. 2. Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pengembangan kurikulum di pesantren Nurul Falah yaitu: a. Faktor-faktor yang menjadi pendukung yaitu: 1. Relasi antar pondok pesantren yang tergabung dalam Rabithah Ma' ahid Islamiyah (RMI) 2. Dukungan material dari pemerintah 3. Kontribusi SDM dari Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Magelang 4. Partisipasi aktif masyarakat 6. Alumni pesantren yang mendukung perkembangan pondok Nurul Falah 7. Adanya kesadaran santri dalam membantu program pondok PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pengembangan kurikulum KW - pondok pesantren Nurul Falah KW - Tegal Randu Srumbung M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN KURIKULUM DI PONDOK PESANTREN NURUL FALAH TEGALRANDU SRUMBUNG MAGELANG AV - restricted EP - 104 ER -