eprintid: 60488 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/04/88 datestamp: 2023-09-20 05:26:36 lastmod: 2023-09-20 05:26:36 status_changed: 2023-09-20 05:26:36 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nur Suharyati, NIM.: 02410007-E title: PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK - KANAK AISYIY AH BUST ANULATHFAL GAMPLONG SUMBERRAHAYU MOYUDAN SLEMAN ispublished: pub subjects: P subjects: met_pemb divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Materi PAI, Metode Pembelajaran, Anak Usia Dini note: Pembimbing: Drs. Sutrisno M. Ag abstract: TK (Taman Kanak-kanak) merupakan salah satu bentuk pendidikan pra sekolah yang- menyediakan program pendidikan dini bagi anak usia 4 tahun sampai memasuki pcndidikan dasar11. Pcndidikan TK salah satu bcntuk pendidikan pra sekolah diselenggarakan sebagai usaha mengembangkan seluruh segi kepribadian anak Jidik dalam rangka menjembatani pendidikan keluarga dengan pendidikan formal selanjutnya. Pendidikan dilaksanakan seumur hidup sejak lahir sampai akhir hayat. ubyek dalam penelitian ini, adalah Para pendidik TK ABA Gamplong yang seluruhnya berjurnlah 3 orang. Sedangkan obyek penelitian adalah metode pembelajaran di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Gamping. ari berbagai uramn sebagaimana telah penulis kemukakan mulai dari BAB I Sampai BAB III , maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1 . Dalam penyampaian materi pendidikan agama Islam di TK ABA Gamplong berbagai macam metode secara bervariasi. Diantaranya adal<'lh metode bercerita, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode pemberian tugas, metode menghafal, metode menyanyi, metode pembiasaan dan metode tamasya. 2. Dalam pelaksanaan metode pembelajaran agama Islam di TK ABA Gamplong tidak terlepas dari faktor- faktor yang mendukung maupun faktor yang menghambat. Adapun faktor yang mendukung adalah kemandirian anak didik dan kesadaran dari guru.Dari faktor penghambat adalah us1a s1swa yang masih labil dalam menerima materi-materi yang disampaikan dan kurang sama atau merata kemampuan anak dalam memahami materi yang disampaikan Dari pihak guru yang menjadi faktor penghambat adalah masih kurangnya tenaga edukatif date: 2005-01-04 date_type: published pages: 100 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nur Suharyati, NIM.: 02410007-E (2005) PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK - KANAK AISYIY AH BUST ANULATHFAL GAMPLONG SUMBERRAHAYU MOYUDAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60488/1/02410007-E_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60488/2/02410007-E_BAB%20II_BAB%20III.pdf