%0 Thesis %9 Skripsi %A Nasrullah, NIM. 97473533 %B Fakultas Tarbiah dam Keguruan %D 2004 %F digilib:60492 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Dinamika kurikulum Madrasah Aliah, studi kebijakan Departemen Agama %P 104 %T DINAMIKA KURIKULUM MADRASAH ALIYAH PASCA UU No. 2 TH. 1989 (Studi atas Kebijakan Departen1en Agama) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60492/ %X Kurikulum Madrasah Aliyah yang dikcmbangkan Dcpartemcn Agama telah terjr.di dinamika. Hal ini didukung dengan adanya kebijakan Departemen Agama ,.. dalam mengembangkan kurikulum Madrasah Aliyah secara be1variatif sesuai dengan perkembangan zaman. Ad1 bcbcrapa corak pcrkembangan kurikulum Madrasah Aliyah yang dikembangkan Dcpartcmen Agmmi. Pertama, kurikulum fonnalisasi dan strukurisasi Formalisasi adalah upaya yang diternpuh oleh pcmerintah dalam rangka meningkatkan status beberapa Madrasah swasta mcnjadi. madrasah ncgcri dcngan mcngikuti pola-pol a kurikulum yang berlaku di madrasah negeri. Sementara strukturisasi madrasah adalah kebijakan yang bcrl:aitan dcng:m tuntutan pcndid1kan nasional tcrutama yang herkaitan dengan penyeragaman dan penyempurnaan kurikulum yang digunab.n, yang mcmba\ยท1a Konsckucnsi logis scbagni 11paya penmmsan kurikulum barn bagi mad.:asah agar scjajar dengan pendidikan mnum. Dalam hal ini ditemukm adanya bcbcrapa model kurikulwn Madrasah Aliyah, seperti kurikulum Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK), kurikulum Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK), kurikulum 1994 dengan spesifikasi jurasan sepcrt: IPA, IPS, Bahasa, Syari' ah Agama dan Qadla'/Peradilau Agama. ke dua, corak kurikulum yang berorientasi link and match. PaJa corak ini muncul kebijiakan Dcpartemen Agama dengan Madrasah Aliyah Kctcrampilan. Tujuan madrasah ini adalah untuk mcmbckali lulusan madarsah dengan kelerampibn tertentu dalam rangka mcngisi lapangan kerja