TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag ID - digilib60506 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60506/ A1 - Mas'udatul Hamdiyah, NIM.: 02411142 Y1 - 2008/05/07/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang 1. a. pelaksanaan pembelajaran seni baca al-Qur'an secara tartil di Lembaga Pendidikan Al-Qur'an Masjid Syuhada Yogyakarta b. kesiapan ustadzlustadzah dan peserta didik c. Kesiapan sarana pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran seni baca al­Qur'an secara tartil. 2. hasil yang dicapai peserta didik dalam membaca al-Qur'an secara tartil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan mengambil latar Lembaga Pendidikan Al-Qur'an Masjid Syuhada Yogyakarta yang dalam hal ini meneliti tentang bagaimana kesiapan ustadzlustadzah, peserta didik dan sarana pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran seni baca al-Qur'an secara tartil, bagaimana pelaksanaan pembelajaran seni baca al-Qur'an secara tartil di Lembaga Pendidikan Al-Qur'an Masjid Syuhada Yogyakarta dan apa hasil yang dicapai peserta didik dalam membaca Al-Qur'an dengan secara tartil Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan metode diskriptik analitik yaitu dari hasil penelitian kemudian disajikan secara kualitatif dan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan cara berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukan 1. a. kesiapan ustadzlustadzah, peserta didik b. kesiapan saranan pembelajaran dalam kategori memuaskan. c. lagu-lagu yang diajarkan bervariasi yaitu lagu bayati,rast dan nahawand d. Metode yang digunakan mencakup metode ceramah, metode latihan, metode demonstrasi dan metode kerja kelompok. 2) hasil yang dicapai dalam ha! prestasi / hasil ujian menunjukkan kurang memuaskan, dan cukup memuaskan dalam hal prilaku pese1ia didik dalam proses belajar. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendidikan Al-Qur'an KW - Tartil KW - Prestasi Belajar KW - Pernbelajaran Murattal M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SENI BACA AL-QUR' AN SECARA TARTIL DI KELAS MURATTAL (STUDI KASUS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN AI-QUR'AN MASJID SYUHADA YOGYAKARTA) AV - restricted EP - 97 ER -