relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60514/ title: EKSPERIMENTASl MEDIA AUDIO PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PENINGKATAN MAHARATU AL ISTIMA' DI SLTP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN, YOGYAKARTA creator: Salim Saputra, NIM.: 02420983 subject: Media Pembelajaran subject: Pendidikan Bahasa Arab description: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan antara pembelajaran bahasa arab dengan rnenggunakan media audio dan tanpa media audio pada siswa kelas VIII di SL TP 'Muhammadiyah 3 Depok. Sleman Yogyakarta Populasi penelitian ini adalah sisv,a kelas VIII SL TP Muhammadiyah 3 Depok. Sleman. Yog akarta.. Tahun Pelajaran 2005'2006 Sebanyak i 15 siswa .. Dalam penelitian ini diarnbil dua kelompok. yaitu kelompok ekspenmen yang diberi perlakuan dengan media audio dan kelompok kontrol sebagai pembanding. Pengarnbilan sampel dilakukan secara acak dengan ukuran sampl1 mengambil 20% dari jumlah populasi. sehingga jumlah sampel sebanyak 37 orang unruk kelompok eksperimen dan 40 orang untuk kelompok kontrol. Pengumpulan data dilak--ukan dengan menggunakan metode observasi, intervielc dokurnentasi" d.m tes. Untuk perhitungan analisis data menggunakan bantuan program SPS Edi5i Sutrisno Hadi dan Yuni Parnardiningsih. Analisis data meliputi analisis deskriptif dengan rnenggunakan runms t "tes". dari basil analisis tersebut dihasi1k.an nilai t a> t 1abd (10.860 > 1.992) dengan nilai rata-rata untuk kelompok eksperimen yang menggunakan media audio dalam pembelajaran bahasa Arab sebesar 25 .189 dan nilai rata-rata untuk kelompok kontrol yang tidak menggunakan media audio dalam pernbelajanm bahasa Arab sebesar 15.400. Karena lo> twbet maka dinyatakan Ho(Hipoesis Nihih ditolak.. Untuk persyaratan analisis data menggunakan uji nonnalitas dengan rumus kai k'lladrat dan uji homogenitas dengan rumus analisis varian. Pada uji normalitas terbukti data berdistribusi nonnal. Pada pos tes kelompok eksperirnen kai kuadrat < harga kritik kai kuadrat dalam tabel (6.630<7.815). Begitu juga terhadap pos tes kelompok kontrol kai kuadrat hitung lebih kecil daripada harga kritt"k kai-kuadrat dalam tabel (14.917<16.919). Sedangkan pada uji hornogenitas sampel terbukri homogen yang dibuk1:ikan dengan besar F hilw1g < F wbel ( 1.130 < 1.730). Untuk pengujian instrument menggunakan uji validitas dengan ru1m.15 producl moment, dan uji reliabilitas dengan rumus alpha. Dari analisis data terbul--ti seluruh instrument dinyatakan valid yaitu r fl > r tabel. Pada kelompok eksperimen 0.869 > 0.216 clan pada kelompok kontrol 0.891 > 0.207. Hasil penelitian menunjukkan : I ) Media audio terbuk--ti dapat membantu peningkatan ma!J..iiriitu al istimii ยท (kecerdasan menyirnak) siswa SL TP .\luhammadiyal1 3 Depok, Sleman. Y ogyakarta dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya pada siswa kelas VIII A. 2) Skor rata-rata pos tes kelompok eksperimen sebesar 25.189 sedangkan kelompok kontrol sebesar 15-400. Rataprata peningkatan kelompok eksperimen sebesar 10.270 sedangkan kelompok kontrol 1.900. Uji '"C menunjukkan bahwa to> t I pada taraf signifikan 5 date: 2007-01-17 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60514/1/02420983_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60514/2/02420983_BAB%20II_BAB%20III.pdf identifier: Salim Saputra, NIM.: 02420983 (2007) EKSPERIMENTASl MEDIA AUDIO PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PENINGKATAN MAHARATU AL ISTIMA' DI SLTP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.