relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60519/ title: PENGARUH MINAT PADA PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TADRIS MIPA FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA creator: Siswadin, NIM.: 02431386 subject: Pendidikan Matematika subject: Kyai - Ustadz - Guru description: Penelitian ini berjudul "Pengamh Minat Pada Profesi Guru Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tadris MIPA Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya, serta seberapa besar pengaruh minat pada profesi guru dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tadris MIP A Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Ajaran 2006/2007. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga Y ogyakarta Semester Gasal Tahun Ajaran 2006/2007 sejumlah 187 mahasiswa. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan table dari Robert V Krejcei dan Daryle W Morgan pada taraf signifikansi 5%, dengan tehnik strat(fied random sampling diperoleh sampel 126 mahasiswa. T eknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga instrumen yang berbentuk angket, yaitu angket minat pada profesi gum, lingkungan belajar dan motivasi belajar yang masing-masing angket terdiri dari 25 butir petanyaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ( 1) Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara minat pada profesi guru terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan koefisien korelasi rx1y = 0,404 serta garis regresi Y= 0,433X1 + 42,421, (2) Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara Iingkungan belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan koefisien korelasi rx2y = 0,500 dan garis regresi Y= 0,488X2 + 47,568 (3) Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara minat pada profesi guru dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan persamaan regresi Y= 0,307 X1 + 0,410 X2 + 23,577 dan koefisien regresi ganda ry12 = 0,571 Minat pada profesi gum memberi sumbangan efektif sebesar 17,194 dan lingkungan belajar sebesar 31,183. Sedangkan sumbangan relatif min at pada profesi gum sebesar 35,561 % dan lingkungan belajar sebesar 64,493% . date: 2007-04-18 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60519/1/02431386_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60519/2/02431386_BAB%20II_BAB%20IV.pdf identifier: Siswadin, NIM.: 02431386 (2007) PENGARUH MINAT PADA PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TADRIS MIPA FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.