%A ANTIN MULYANI - NIM. 07410320 %O Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag %T METODE PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB-C DHARMA RENA RING PUTRA I JANTI CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN %X Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pentingnya suatu pendidikan atau pembelajaran termasuk di dalamnya pembelajaran akidah akhlak bagi seluruh warga negara. Tidak terkecuali bagi anak tunagrahita yang memiliki kekurangan atau keterbatasan dalam hal mental. Kekurangan atau keterbatasan tersebut tidak menjadi suatu penghalang bagi anak tunagrahita di dalam menerima haknya yaitu dalam hal pendidikan. Dalam kenyatannya pembelajaran anak tunagrahita tidak dapat disamakan dengan anak normal pada umumnya. Tentunya dalam memberikan pembelajaran harus menggunakan metode atau cara-cara khusus agar tujuan dari proses pendidikan yang dilakukan dapat tercapai dengan baik. Adapun metode yang diterapkan untuk pembelajaran akidah akhlak di SLB-C Dharma Rena Ring Putra I disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang apa yang mendasari pembelajaran akidah akhlak bagi anak tunagrahita di SLB-C Dharma Rena Ring Putra I, metode apa yang diterapkan dalam pembelajaran akidah akhlak serta hasil pembelajaran akidah akhlak bagi anak tunagrahita di SLB-C Dharma Rena Ring Putra I. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SLB-C Dharma Rena Ring Putra I. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) yang mendasari pembelajaran akidah akhlak di SLB-C Dharma Rena Ring Putra I adalah pentingnya pembelajaran akidah akhlak sebagai pedoman hidup meraih kebahagiaan dunia dan akhirat, serta menanamkan karakter dan perilaku pada peserta didik. Selain itu tujuan pendidikan Nasional serta pelaksanaan visi misi sekolah juga menjadi hal yang mendasari pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di SLB-C Dharma Rena Ring Putra I. 2) Metode yang diterapkan meliputi metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi/praktik, suri tauladan, pembiasaan serta pemberian tugas terbimbing. 3) hasil dari pembelajaran akidah akhlak menunjukkan adanya dampak yang positif bagi anak tunagrahita berupa perubahan yang signifikan kearah yang lebih baik terhadap pemahaman ataupun perubahan tingkah laku peserta didik. %K Tuna Grahita , Metode Pembelajaran %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib6052