%0 Thesis %9 Skripsi %A M. Isrokhudin, NIM.: 00410038 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2005 %F digilib:60533 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K prestasi belajar; UAN; siswa %T KORELASI ANTARA PRESTASI HASIL BELAJAR DENGAN HASIL UAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60533/ %X Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Fokus penlitian ini adalah apakah terdapt korelasi yang signifikan antara prestasi belajar dengan hasil UAN di SMA N 5 Yogyakarta. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 15 % dari siswa kelas 1 di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Y ogyakarta. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis korelasional bivariat product moment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi prestasi belajar siswa kelas 1 semester1 Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Yogyakarta, mengetahui seberapa tinggi nilai UAN siswa kelas 1 yang diterima di sekolah ini, serta mengetahui apakah terdapat korelasi yang signiikan antara kedua variabel tersebut (nilai UAN dengan prestasi belajar siswa kelas l semester 1 ). Hal ini didorong akan adanya sikap pro-kontra terkait dengan pelaksanaan Ujian Akhir Nasional (UAN) pada akhir tahun ajaran 2003/2004, yang mana hasil ini merupakan nilai yang dimiliki oleh siswa ke1as satu pada tahun ajaran 2004/2005 saat ini. Ujian yang pada akhimya dijadikan sebagai tolak ukur dalam menentukan kelulusan dengan batas minimal 4,01 dirasakan sangat membebani siswa, di mana tidak semua sekolah rnerniliki fasilitas yang memadai dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, serta adanya perbedaaan kualitas sekolah itu sendiri. ha] inilah yang kemudian rnenimbulkan kecurangan-kecurangan dalarn pelaksanaan ujian akhir nasional tersebut. Selain itu, ujian ini juga dianggap bertentangan dengan undang-undang (UU) No.20 tahun 2003 tentang sistern pendidikan nasional (Sisdiknas), khususnya pasal 58 ayat 1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai yang didapatkan siswa kelas 1 semester 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Yogyakarta menunjukkan nilai yang cukup tinggi, yaitu dengan nilai rata-rata kelas 1533,1 dari dua ranah penilaian, yaitu ranah kognitif dan ranah psikomotorik. (2) Nilai Ujian Akhir Nasional yang dimiliki oleh siswa kelas 1 ini menunjukkan nilai yang tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 23,41 dari 3 mata pelajaran yang diujikan. (3) Dari dua data tersebut setelah diadakan analisis, didapatkan hasil bahwa kedua variabel tersebut tidak memiliki korelasi yang signifikan. Nilai yang didapatkan sebesar 0,264 berada dibawah nilai pada taraf yang signifikan yang terdapat di tabel yaitu sebesar 0,304 pada taraf signifikan 5% dan 0,393 pada taraf signifikan 1 %. Dari hasil tersebut, maka alangkah baiknya pejabat pembuat kebijakan tidak membuat kebijakan terlalu membuat beban bagi sekolah, murid, sekolah, dan juga negara; serta membuat sekolah memaksa diri merubah menjadi lembaga bimbingan belajar. %Z Pembimbing: Dra. Hj. Siti Barirotun