TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. H. Sumedi, M.Ag. ID - digilib60557 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60557/ A1 - Taufiq Rokhman, NIM.: 0041 0093 Y1 - 2005/06/22/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menambah wawasan tentang formulasi pemikiran pendidikan menurut al-Ghazali dan relevansinya dengan pengembangan kepribadian siswa di Madrasah Diniyyah Al-Maarif Klaten Jawa Tengah. Disamping itu, penelitian ini bermaksud menganilisis aplikasi relevansi konsep pendidikan menurut al-Ghazali dengan pengernbangan kepribadian siswa di Madrasah Diniyyah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatit dengan mengambil latar Madrasah Diniyyah AI-Maarif Klaten Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: l) Pemikiran pendidikan al-Ghazali merniliki relevansi dengan pengembangan kepribadian siswa, yang meliputL aspek pembentukan karakter siswa yang memiliki kepribadian muslim secara utuh, aspek perilaku dan tanggung jawab sosial siswa dan aspek pemaharnan keimanan (teologis) siswa. 2) Aplikasi pemikiran pendidikan al-Ghazali dengan pengembangan kepribadian siswa di Madrasah Diniyyah Al-Maarif Klaten diwujudkan dalam visi dan misi madrasah, kurikulum dan mata pelajaran, metode pengajaran, peran subjek pendidikan serta faktor-faktor yang mempengarui perkembangan kepribadian meliputi ; lingkungan keluarga, sekolah, budaya masyarakat dan teman sepennainan siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - guru; karyawan; siswa; teologis M1 - skripsi TI - PEMIKIRAN PENDIDIKAN AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA MADRASAH DINIYYAH AL-MAARIF KLATEN JAW A TENGAH AV - restricted ER -