TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag. ID - digilib6056 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6056/ A1 - ERLINA KHUZAIMAH - NIM. 07410022 , Y1 - 2011/06/22/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah bahwa anak-anak jalanan sebagai anak yang memiliki latar belakang dan keadaan sosial yang jauh dari kebahagiaan dan keharmonisan keluarga. Padahal pada dasarnya mereka memiliki keinginan untuk hidup secara layak, penuh dengan kedamaian dan ketulusan cinta serta kasih sayang. Mereka membutuhkan perhatian dan kesempatan untuk mengenyam pendidikan. Salah satunya adalah pendidikan akhlak. Dalam kenyataannya pendidikan akhlak sangat penting untuk diberikan kepada anak-anak jalanan agar mereka memiliki sikap dan tingkah laku yang baik dan tidak dianggap sebagai sampah masyarakat, liar, dan pembuat kerusuhan serta kerusakan. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana pendidikan akhlak bagi anak-anak jalanan, apa faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan akhlak untuk anak-anak jalanan di rumah singgah Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pendidikan akhlak bagi anak-anak jalanan di rumah singgah Ahmad Dahlan Yogyakarta serta faktor pendukung dan penghambat dari pendidikan akhlak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pelaksanaan pendidikan akhlak untuk anak-anak jalanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar rumah singgah Ahmad Dahlan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: Pendidikan akhlak di rumah singgah Ahmad Dahlan diawali dengan merubah pola perilaku anak melalui dua pendekatan yaitu pendekatan perorangan (Personal Approach Method) dan pendekatan kelompok (Group Approach Method). Sedangkan untuk dasar pelaksanakan pendidikan akhlak sesuai dasar utama Al-qur'an dan hadits, mengarahkan kepada tujuan yang mulia, dengan materi yang mencakup hubungan manusia dengan Allah, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam. Metode yang diterapkan meliputi metode motivatif, rekreatif, konseling, kisah, attarghib dan at-tarhib (penghargaan dan hukuman), pengalaman dan latihan (pembiasaan), contoh atau keteladanan, dan nasehat. Faktor pendukung adanya respon positif dan keterbukaan dari anak mengenai pelaksanaan pendidikan akhlak, adanya sarana dan fasilitas yang tersedia, seperti; referensi dan dana operasional. Adapun faktor lain adanya pengurus, dan pendamping serta instansi terkait (Dinas Sosial) yang memiliki prinsip dan tujuan yang baik serta terjalin kerjasama yang erat untuk membantu anak-anak dalam memperoleh haknya. Sedangkan faktor penghambatnya masih minimnya motivasi anak untuk belajar, pengaruh teman baru, dan anggapan masyarakat tentang anak jalanan. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pendidikan Akhlak M1 - skripsi TI - PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK-ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA AV - restricted ER -