@phdthesis{digilib60608, month = {July}, title = {MINAT BACA BUKU AJAR DAN KEMAMPUAN BERHITUNG DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL TERAPAN MATEMATIKA PADA SISW A KELAS VII SL TP MUHAMMADY AH 2 YOGY AKARTA T AHUN PELAJARAN 2004/2005}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 00430418 Maftuhah Azminati}, year = {2005}, note = {Pembimbing: Drs. Ichsafi M.Pd}, keywords = {pelajaran matematika; kemampuan berhitung}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60608/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa minat baca buku ajar dan kemampuan berhitung berpengaruh dalam menyelesaikan soal-soal terapan matematika pada siswa kelas VII SL TP Muhammadiyaah 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2004 / 2005. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SLTP Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2004/2005, sebanyak 229 siswa. Sampel da!am penelitian ini berjumlah 78 siswa yang diambil secara cluster random samolimr. - Teknik -pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 3 instrumen yaitu angket minat baca buku ajar matematika, dengan koefisien reliabilitas 0,934 instrumen tes kemampuan berhitung, dengan koefisien reliabilitas 0,800: dan instrumen tes kemampuan soal-soa! terapan matematika. dengan koefisien reliabilitas 0,799. Hasil penelitian ini menununjukkan bahwa, (1) minat baca buku ajar rnaternatika berpengaruh dalarn menyelesaikan soal-soal terapan rnatematika pada siswa kelas Vll SLTP Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2004 / 2005, dengan koefisien korelasi ( r1) sebesar 0,854 dan koefisien determinasi sebesar 0,729. (2) kemampuan berhitung berpengaruh dalam menyelesaikan soal-soal terapan matematika pada siswa kelas VII SL TP Muhammadiyah 2 Y ogyakarta tahun pelajaran 2004 / 2005, dengan koefisien korelasi ( r2 ) sebesar 0,7 l 8 dan koefisien detenninasi sebesar 0,516. (3) minat baca buku ajar matematika dan kemampuan berhitung secara bersama-sama berpengaruh dalam menyelesaikan soal-soal terapan matematirka pada siswa kelas VII SL TP Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2004 / 2005, dengan koefisen korelasi ( r1 2 ) sebesar ,, 0.870 dan koefisien detenninasi ,(r2) sebesar , 0.757. Dengan melihat koefisien determinasi diatas dapat dikatakan bahwa masih ada faktor-faktor lain seperti kecerdasan, motivasi, lingkungan belajar, cara mengajar guru dan sebagainya yang memberi sumbangan dalam menyelesaikan soa1-soa1 terapan matematika. Besarnya surnbangan relatif dan sumbangan efektif yang diberikan minat baca buku ajar matematika masing-masing sebesar 77,79\% dan 58,881\%, dan besarnya sumbangan relatif dan sumbangan efektif yang diberikan kemampuan berhitung rnasing-rnasing sebesar 22,210\% dan 16,812\%.} }