%A NIM.0343 0330 Muhammad Mansur Tsalasa %O Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si %T UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARN LOGIKA MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL JARINGAN LISTRIK %X Pembelajaran matematika di Madrasah Terpadu MTs MA Al Ma'had An Nur kelas X kurang berjalan efektif dan siswa kurang aktif. Selain itu prestasi dalam bidang eksak di madrasah tersebut juga belum mencapai target. Hal tersebut dapat di Iihat pada aktivitas siswa dalam beIajar dan daftar prestasi Madrasah Terpadu MTs MA Al Ma'had An Nur dalam Megikuti lomba-lomba. untuk mengatasi masalah tcrscbut, tcrutama dalam pcmbe!ajaraan logika Matcmatika, maka dilaksanakan Penclitian Tindakan Kclas pada semester gcnap tahun ,tiaran 2006/2007. Dimana dalam pembeh\jaran tcrsebut menggunakan model jaringan listrik. Dengan pcmbelajaran menggunakan model jaringan listrik diharapkan dapat meningkatkan keaktivan, efektivitas dan prestasi siswa. Penelitian tindakan kelas telah terlaksana dalam dua siklus, dimana masing­masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Satu pertemuan terakhir tiap siklus di611.makan untuk ulangan dan pengisian angket. Pada siklus pertama ditekankan pada penemuan konsep logika matematika dengan menggunakan jaringan listrik, sedangkan pada siklus kedua ditekankan pada pengembangan konsep logika matematika dengan menggunakan jaringan listrik Dari d;;ita diperokh hasil yang menunjukkan peningkatan aktivitas, efoktivitas dan prestasi siswa kc!as X Madrasah Tcrpadu MTs MA Al Ma'had An Nur Ngrukem tahun ajaran 2006/2007. Peningkatan cfoktivitas scbcsar 7,85% yaitu 82,9% pada siklus perlama rncnjadi 90,75% pada sik!us kcdua. Peningkatan keaktivan sebesar 6,25%, yailu 71,25<'.lo pada siklus pertama mcningkat rnenjadi 77,5% pada siklus kedua. Peningkatan prestasi dapat dilihat dari nilai yang diperolch siswa, baik ni!ai pre tes, post tes, rnaupun ulangan di akhir siklus. Peningkatan ini sebcsar 0,6 rata-rata kdas, yailu nilai rata-rala kelas pada siklus pertama adalah 8,2 dan meningkat pada siklus kedua yaitu 8,8. %K Penelitian Tindakan Kelas, efektivitas, keaktivan siswa %D 2007 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib60610