eprintid: 6062 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/60/62 datestamp: 2013-02-06 10:40:33 lastmod: 2017-04-05 07:38:15 status_changed: 2012-05-04 16:49:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: KHOIRIYYA NURLAILI - NIM. 07420041 , title: EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS INKLUSI BAGI SISWA TUNANETRA KELAS X DI MAN MAGUWOHARJO TAHUN AJARAN 2010-2011 ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Bahasa Arab , Tuna Netra note: Pembimbing: Drs.H. Ahmad Rodli, M.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X MAN Maguwoharjo, dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode tersebut, serta untuk mengetahui usaha yang dilakukan oleh guru dan pihak sekolah untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini merupakan sebuah analisis tingkat keefektifan metode terhadap kemampuan berbahasa siswa difabel netra di kelas-kelas inklusi. Adapun populasi penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 8 orang. Sedangkan untuk analisis data, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang ada telah efektif dengan adanya faktor-faktor yang mendukung yaitu menggunakan bilingual dalam pembelajaran, tape recorder sebagai salah satu media pembelajaran, dan kemauan siswa yang baik untuk belajar bahasa Arab. Walau demikian, masih ada juga faktor penghambat di antaranya yaitu minimnya sarana dan prasarana, pengetahuan dasar bahasa Arab, serta guru yang tidak mampu membaca dan menulis huruf braille. Dengan adanya hal ini, maka sekolah memberikan solusi untuk meminimalisasi hambatan yang ada dengan mengadakan BTAQ dan bekerjasama dengan pihak lain guna meningkatkan hasil pembelajaran. date: 2011-06-23 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-06-23 09:11:22 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--khoiriyyan-6061-1-khoiriyy-1.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/122/digilib-uinsuka--khoiriyyan-6061-1-khoiriyy-1.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6704 ; nama file lama : KHOIRIYYA NURLAILI - NIM. 07420041 EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS INKLUSI BAGI SISWA TUNANETRA KELAS X DI MAN MAGUWOHARJO TAHUN ; format file : application/pdf ; besar file : 1009435 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: KHOIRIYYA NURLAILI - NIM. 07420041 , (2011) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS INKLUSI BAGI SISWA TUNANETRA KELAS X DI MAN MAGUWOHARJO TAHUN AJARAN 2010-2011. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6062/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6062/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf