%0 Thesis %9 Skripsi %A Muhammad Husein, NIM.0041 0319 %B Fakultas Tarbiah dam Keguruan %D 2006 %F digilib:60624 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Manajemen kurikulum PAI, MAN 1 Yogyakarta %P 162 %T MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60624/ %X Penelitian ini bertujuan untuk rnendiskripsikan dan rnenganalisis tentang pelaksanaan manajemen kurikulum dan pengernbangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di MAN Y ogyakarta I seiring dengan berlakunya manajernen berbasis sekolah/madrasah dan kurikulum berbasis kompetensi dan berdampak pada kemandirian rnadrasah dalam mengelola pendidikan. Bagairnana upaya dari MAN Yogyakarta I dalam manajemen kurikulum serta kebijakan apa yang telah diambil mengenai pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam dan pedoman apa yang digunakan dalam kebijakai1 tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempunakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh madrasah, pendidik ctan peserta didik agar pembei,uc1ran PAI dengan kurikulum berbasis kompetensi bisa sempurna sesuai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil latar Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta I, Kotamadya Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, wawancara da'l observasi. Analisa data dilakukan dengan membcrikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan dengan memaparkc2n secara deskriptif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadairnn triangulasi dengan sumber, yaitu dengan membandingkan dan mengecek ba)ik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh dalam waktu dan melaiui alat yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (I) Pedoman pelHksanaan manajemen kurikulum dan pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam MAN Yogyakarta I adalah (a) Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), (b) Program kerja Kepala MAN Yogyakarta I dan (c) Tujuhn strateg:ik madrasahbidang pembelajaran poin C dan E (1. Peningkatan kualitas dan optimalisasi proses pembelajaran dalam rangka penerapan kurikulum 2004, 2. Penguasaan bidang agama yang menyeluruh, aspek kognitiL afektif dan psikomotorik). (2) Pelaksanaan manajemen kurikulum telah berjalan dengan baik %Z Pembimbing : Sukiman, M.Pd.