eprintid: 6063 rev_number: 23 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/60/63 datestamp: 2013-03-22 08:58:09 lastmod: 2023-11-29 07:02:08 status_changed: 2012-05-04 16:49:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: KOMARIYAH - NIM. 07410285 , title: PENERAPAN METODE WORD SQUARE DAN TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN IBADAH MUAMALAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Metode Word Squere , Metode Talking Stick note: Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag. abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran Ibadah Muamalah yang mengakibatkan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Padahal keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran akan membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi pelajaran. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode Word Square dan Talking Stick dalam pembelajaran Ibadah Muamalah dan meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII B setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini juga menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan metode Word Square dan Talking Stick dalam pembelajaran Ibadah Muamalah di kelas VIII B SMP Muhammadiyah 2 Kalasan dilaksanakan dalam tiga siklus. Secara keseluruhan pelaksanaan tindakan berjalan dengan lancar, sesuai dengan rencana yang telah disusun dan dilakukan refleksi di setiap siklusnya. Terjadi perubahan perilaku peserta didik secara bertahap dalam mengikuti pembelajaran. 2) Peningkatan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Ibadah Muamalah dengan metode Word Square dan Talking stick cukup signifikan. Peningkatan keaktifan peserta didik terlihat pada perhatian peserta didik terhadap penjelasan guru, berani bertanya dan mengungkapkan pendapat, antusiasme dalam mengerjakan tugas, kemauan menjawab pertanyaan, mencatat materi pelajaran, dan perasaan senang terhadap materi pelajaran. Keaktifan peserta didik dilihat dari hasil angket pada observasi awal sebesar 48,89 %, pada siklus I keaktifan peserta didik menjadi 57,98 %, pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 63,39 %, dan pada siklus III menjadi 75,97 %. Demikian pula dari hasil lembar observasi keaktifan siswa pada observasi pra tindakan sebesar 45,24 %, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 57,14 %, pada siklus II menjadi 61,91 %, dan pada siklus III mengalami peningkatan lagi menjadi 76,19 %. Dengan demikian secara keseluruhan keaktifan peserta didik mengalami peningkatan sebesar 27,08%. Peningkatan keaktifan tersebut terjadi secara bertahap dari kategori sedang dan akhirnya menjadi tinggi. date: 2011-06-23 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-06-23 09:23:25 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--komariyahn-6062-1-komariya-..pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/122/digilib-uinsuka--komariyahn-6062-1-komariya-..pdf ; url download server lama : /download.php?id=6705 ; nama file lama : KOMARIYAH - NIM. 07410285 PENERAPAN METODE WORD SQUARE DAN TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN IBADAH MUAMALAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V ; format file : application/pdf ; besar file : 1523001 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: KOMARIYAH - NIM. 07410285 , (2011) PENERAPAN METODE WORD SQUARE DAN TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN IBADAH MUAMALAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6063/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6063/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf