%A NIM.94422933 Zaenap Robiah %O Pembimbing : Drs. Tasman Hamami, MA %T HUBUNGAN MINAT DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISW A MTs. NU 05 SUNAN KATONG KALIWUNGU KENDAL %X Minat siswa terhadap pelajaran bahasa Arab Kaliwungu Kendal adalah cukup baik. Hal itu ditunjukkan dengan adanya rasa suka siswa terhadap pelajaran bahasa Arab senang jika guru bahasa Arab rajin masuk, merasa enggan jika tidak mengikuti peiajaran bahasa Arab, mengikuti pelajaran dengan penuh perhatian, memiliki catatan yang lengkap, memiliki buku bahasa Arab, masuk kelas tepat waktu, mencatat keterangan guru bahasa Arab, mengulangi pelajaran bahasa Arab yang diajarkan oleh guru, bertanya pada guru bahasa Arab jika kurang jelas. mengerjakan PR/latihan yang ditugaskan oleh guru, suka membacs. buku baliasa Arab, memiliki intensitas belajar yang baik. Meskipun siswa memiliki minat yang cukup baik, namun siswa tetap juga memiliki rasa jenub ketika mata pelajaran bahasa Arab berlangsung. Mina.t siswa dipengaruhi oleh cara mengajar guru, perhatian guru terhadap siswanya, dorongan guru terhadap siswanya dan dukungan yang diberikan oleh lingkungan, keluarga maupun masyarakatnya. Nilai rata-rata pelajaran bahasa Arab siswa di MTs. ini sudah cukup baik, walaupun masih banyak siswa yang nilainya berada di bawah standar (nilainya masih rendah), Nilai rata-rata siswa dalam pengajaran bahasa Arab telah memenuhi prussing grade bagi keberhasilan suatu pengajaran. Tinggi rendahnya minat siswa terlmdap pelajaran bahasa Arab di MTs.ini mempunyai hubungan positif yang signifikan dengan tinggi rendahnya prestasi belajar bahasa Arabnya. %K Hubungan minat, prestasi belajar bahasa arab, MTs.NU 05 Kendal %D 2000 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib60631