%0 Thesis %9 Skripsi %A NURULUMROH, NIM.: 00440456 %B fAKULTAS TARBIYAH %D 2005 %F digilib:60644 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kemandirian belajar, motivasi berprestasi, prestasi belajar. %P 152 %T HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER ill MAN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2005/2006 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60644/ %X Peneiitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar kimia siswa kelas XI program IP A semester III MAN Yogyakarta I tahun ajaran 2005/2006 secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Populasi dalam penclitian ini adalah siswa kelas XI pogram IPA semester III MAN Yogyakarta I tahun ajaran 200512006 yang terdiri dari 2 kelas, sebanyak 77 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dari salah satu kelas, yaitu kelas XI Program IPA 2 yang terdiri dari 38 siswa secara acak. Teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui angket dan soal tes prestasi belajar. Instrumen kemandirian belajar terdiri dari 28 butir pernyataan yang sahih, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0.966. Instrumen motivasi berprestasi terdiri dari 33 butir pernyataan yang sahib dengan koefisien reliabilitas 0.971. Instrumen soal tes prestasi belajar kimia terdiri dari 29 pertanyaan shahih deng:m koefisien feliabilitas 0.920. Teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi ganda 2 prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi beiajar kimia siswa kelas XI program IP A semester III MAN Y ogyakarta I tahun ajaran 2005/2006. Berdasarkan hasil penelitian diketahui harga koefisien korelasinya sebesar 0. 767 yang dapat ditunjukkan dengan persamaan regresinya, Y = 0.290877 X1 - 15.833180 dan koefisien determinasinya sebesar 0.589. Sumbangan relatif yang diberikan sebesar 50.038% dan sumbangan efoktif yang diberikan sebesar 39 .157%. Ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar kimia siswa kelas XI program IP A semester III MAN Yogyakarta I tahun ajaran 2005/2006. Hal ini ditunjukkan dengan harga koefisien korelasi sebesar 0.724 yang dapat ditunjukkan dengan persamaan Y = 0.216197 X2 - 12.178340 dengan koefisien determinasi sebesar 0.525, sumbangan relatif 40.962% dan sumbangan efektif sebesar 27.168%. Berdasarkan hasil analisis regresi ganda dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan ::intara kemandirian belajar dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar kimia siswa kelas XI program IPA semester III MAN Yogyakarta I tahun ajaran 2005/2006. Hal ini ditunjukkan dengan harga koefisien korelasi sebesar 0.814 yang ditunjukkan dengan persamaan regresinya, Y = 0.193539 Xi + 0.111925 X2 - 19.277200, dengan koefisien determinasinya sebesar 0.663. Kata Kunci: Kemandirian belajar, motivasi berprestasi, prestasi belajar. %Z Pembimbing: Siti Fatonah, S.Pd.