%0 Thesis %9 Skripsi %A EKO PUJI SAPUTRI - NIM. 06670021, %B Fakultas Saintek %D 2011 %F digilib:6068 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K buku pengayaan, penelitian pengembangan %T PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER 2 MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6068/ %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menyusun buku pengayaan kimia untuk SMA/MA kelas X semester 2 Materi Pokok Larutan elektrolit dan Nonelektrolit yang memenuhi kualitas. Buku pengayaan kimia dapat digunakan sebagai sumber belajar penunjang dalam pembelajaran kimia, selain itu untuk mengetahui kualitas buku pengayaan kimia yang memenuhi kriteria buku pengayaan yang berkualitas berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA dan siswa SMA/MA. Prosedur Pengembangan Buku Pengayaan terdiri atas 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Buku Pengayaan diberi masukan oleh 1 orang dosen pembimbing, ahli media dan ahli materi. Buku pengayaan kemudian dinilai kualitasnya oleh 3 orang guru kimia SMA/MA dan respon 10 siswa SMA/MA. Penilaian buku pengayaan didasarkan pada 12 sub komponen penilaian yaitu: mendukung tujuan pendidikan, kesesuaian dengan perkembangan IPTEK, kesesuaian dengan penalaran pembaca, menggunakan sistematika penyajian, kemudahan dipahami, merangsang pengembangan kreativitas, menumbuhkan motivasi untuk mengembangkan lebih jauh, kesesuaian gambar dengan bahasa, keterpahaman bahasa dan gambar, ketepatan menggunakan bahasa, dan ketepatan dalam menggunakan gambar. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk deskriptif kemudian diubah menjadi skor. Skor rata-rata buku pengayaan diubah menjadi kategori nilai, sehingga kualitas buku pengayaan dapat ditentukan melalui konversi skor rata-rata data dengan kategori nilai tersebut. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa buku pengayaan kimia untuk SMA/MA kelas X semester 2 Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit berdasarkan Standar Isi (SI) memenuhi kriteria kualitas. Kualitas buku pengayaan yang telah disusun berdasarkan penilaian guru diperoleh skor rata-rata 107,2 atau dengan persentase keidealan 76% dan penilaian siswa diperoleh skor rata-rata 50,7 atau dengan persentase keidealan 78%, sehingga dikategorikan kualitas Baik (B). %Z Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si.