@phdthesis{digilib60696, month = {December}, title = {KORELASI ANTARA KEMAMPUAN AWAL, MINAT DAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi pada Siswa Kelas I Semester I SMA Mubammadiyab 4 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2004/2005)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 00430346 Ferra Fiiantari}, year = {2004}, note = {Pembimbing: Sukiman S.Ag., M.Pd.}, keywords = {minat belajar; matematika; belajar berhitung}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60696/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan awal, minat, dan kemampuan berhitung dengan prestasi belajar matematika siswa kelas I semester I SMA Muhammadiyah 4 Y ogyakarta tahun pelajaran 2004/2005. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I semester I sebanyak 135 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 3 instrumen, yaitu: instrumen angket minat belajar sebanyak 26 butir sahih dengasn koefisien reliabilitas 0,909, instrumen tes kemampuan berhitung sebanyak 15 butir sahih dengan koefisien reliabilitas 0,825, dan untuk instrumen tes prestasi belajar matematika sebanyak 15 butir sahih dengan koefisien reliabilitas 0,831. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Terdapat korelasi yang positif antara kemampuan awal dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi r ly = 0,744 dan koefisien tersebut dapat diberlakukan pada populasi dimana sampel tersebut diambil, (2) Terdapat korelasi yang positif antara minat belajar dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi rx2y = 0,638 dan koefisien tersebut dapat diberlakukan pada populasi dimana sampel tersebut diambil (3) Terdapat korelasi yang positif antara kemampuan berhitung dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi 0,668 dan koefisien tersebut dapat diberlakukan pada populasi dimana sampel tersebut diambil, (4) Terdapat korelasi yang positif antara kemampuan awal. Minat dan kemampuan berhitung dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,830 dan koefisien tersebut dapat diberlakukan pada populasi dimana sampel tersebut diambil.} }