@mastersthesis{digilib60707, month = {July}, title = {REIFIKASI AL-QUR?AN DALAM AKUN @NINGASMARA.ID SEBAGAI PROMOSI KOMODITAS SPIRITUAL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM: 21205031033 Fidian Zahratun Nurra?ida}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Dr. Mahbub Ghozali}, keywords = {Reifikasi, @ningasmara.id, Sosial Media}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60707/}, abstract = {Pemaaknaan teks al-Qur?an dalam akun sosial media @ningasmara.id terhadap penafsiran mengalami pergeseran yang disesuaikan dengan kebutuhan, maksud dan tujuan tertentu. Hadirnya pemaknaan yang disesuaikan dengan kepentingan sebagaimana pada akun instagram @ningasmara.id dalam sosial media memunculkan adanya penggunaan makna ayat al-Qur?an yang dilebelkan terhadap satu produk tertentu. Lebelisasi makna ayat al-Qur?an terhadap suatu produk tersebut memunculkan adanya pengabaian makna asli ayat al-Qur?an serta pemanfaatan ayat al-Qur?an dan makna ayat al-Qur?an sebagai alat komoditi. Berdasarkan hal tersebut, maka hubungan akun @ningasmara.id terhadap ayat serta hubungan akun @ningasmara.id terhadap konsumen dapat dikatakan layaknya hubungan antar benda. Penelitian ini bertujuan menganalisis bentuk-bentuk pemaknaan yang dihadirkan oleh akun @ningasmara.id, faktor-faktor yang mempengaruhi adanya pemaknaan ayat al-Qur?an oleh akun @ningasmara.id serta bagaimanakah implikasi yang ditimbulkan oleh akun @ningasmara.id terhadap realitas kekinian di sosial media. Penellitian ini merupaka jenis penelitian kualitatif dengan analisis konten yang menggunakan pisau analisis Georg Lukacs. Adapun hasil penelitian dalam kajian terhadap fenomena akun @ningasmara.id menyatakan bahwa hubungan relasi dalam akun instagram tersebut hanya berdasarkan pada hubungan komoditas. Hal ini dapat dilihat pada beberapa pemaknaan al-Qur?an yang dihadirkan oleh akun @ningasmara.id yang dapat disesuaikan berdasarkan kegunaan barang yang diproduksinya. Hubungan relasi dalam fenomena akun xxii @ningasmara.id tersebut dapat dikategorikan sebagai salah satu bentuk reifikasi yang dapat dilihat pada adanya proses objektivitas pemaknaan, reproduksi sosial serta kesadaran palsu yang muncul akibat adanya gabungan proses tersebut.Berdasarkan penelitian tersebut, fenomena akun @ningasmara.id berdampak pada adanya pemanfaatan ayat al-Qur?an sebagai alat komoditi sehingga terdapat anggapan bahwa ayat tersebut hanya memiliki satu fungsi tertentu sebagaimana yang telah dilebelkan oleh akun instagram tersebut. Meskipun begitu, hadirnya pemaknaan ayat al-Qur?an sebagaimana dalam akun @ningasmara.id juga mendapat banyak apresiasi dari sebagian besar masyarakat di sosial media instagram.} }