TY - THES N1 - Pembimbing: 1. Muchamad Abrori, M.Kom. 2. Suparni, M. Pd. ID - digilib6071 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6071/ A1 - ISRA NURMAITA - NIM. 06600013, Y1 - 2011/06/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dengan seting outdoor mathematics dan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional dengan seting outdoor mathematics; (2) Mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dengan seting outdoor mathematics lebih efektif daripada pembelajaran konvensional dengan seting outdoor mathematics. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Control Group Pretest-Posttest (desain kelompok pretest-posttest kontrol). Variabel penelitian terdiri atas 3 variabel, yaitu variabel bebasnya adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan seting outdoor mathematics dan pembelajaran konvensional dengan seting outdoor mathematics, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 108 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas, pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak, dalam hal ini yang diacak adalah kelasnya, diperoleh kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dengan seting outdoor mathematics dan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional dengan seting outdoor mathematics. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan seting outdoor mathematics lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional dengan seting outdoor mathematics. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Efektivitas KW - Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN SETING OUTDOOR MATHEMATICS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BERBAH AV - restricted ER -