eprintid: 6071 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/60/71 datestamp: 2013-02-06 10:48:07 lastmod: 2016-12-14 08:39:50 status_changed: 2012-05-04 16:49:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ISRA NURMAITA - NIM. 06600013, title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN SETING OUTDOOR MATHEMATICS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BERBAH ispublished: pub subjects: Matematika divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD note: Pembimbing: 1. Muchamad Abrori, M.Kom. 2. Suparni, M. Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dengan seting outdoor mathematics dan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional dengan seting outdoor mathematics; (2) Mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dengan seting outdoor mathematics lebih efektif daripada pembelajaran konvensional dengan seting outdoor mathematics. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Control Group Pretest-Posttest (desain kelompok pretest-posttest kontrol). Variabel penelitian terdiri atas 3 variabel, yaitu variabel bebasnya adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan seting outdoor mathematics dan pembelajaran konvensional dengan seting outdoor mathematics, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 108 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas, pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak, dalam hal ini yang diacak adalah kelasnya, diperoleh kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dengan seting outdoor mathematics dan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional dengan seting outdoor mathematics. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan seting outdoor mathematics lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional dengan seting outdoor mathematics. date: 2011-06-23 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-06-23 10:59:03 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--isranurmai-6070-1-isranur-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/122/digilib-uinsuka--isranurmai-6070-1-isranur-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=6713 ; nama file lama : ISRA NURMAITA - NIM. 06600013 EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 5504424 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ISRA NURMAITA - NIM. 06600013, (2011) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN SETING OUTDOOR MATHEMATICS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BERBAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6071/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6071/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf