TY - THES N1 - Pembimbing: 1. Estina Ekawati, M.Pd.Si. 2. Epha Diana Supandi, M.Sc. ID - digilib6073 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6073/ A1 - NOVI PUSPARINI - NIM. 06600024, Y1 - 2011/06/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMP kelas VIII dibandingkan dengan metode konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu). Variabel penelitian terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan variabel terikat berupa prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purwanegara, Banjarnegara sebanyak 5 kelas terdiri dari 159 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dimana sampel dipilih berdasarkan kelas. Kelas VIII A dipilih sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test. Dari hasil pre-test dan post-test didapatkan kenaikan rata-rata nilai pre-test ke nilai post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Kelas eksperimen mengalami kenaikan rata-rata sebesar 20,152 dengan persentase 41,40% sedangkan kelas kontrol hanya sebesar 14,339 dengan persentase 30,03%. Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika dengan Thitung pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 1,990 sedangkan Ttabel sebesar 1,6708 yang berarti Thitung T tabel. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Teams Games Tournament (TGT) dan prestasi belajar. M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII AV - restricted ER -