eprintid: 6073 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/60/73 datestamp: 2013-02-06 10:51:37 lastmod: 2016-12-14 09:02:10 status_changed: 2012-05-04 16:49:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NOVI PUSPARINI - NIM. 06600024, title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII ispublished: pub subjects: Matematika divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Teams Games Tournament (TGT) dan prestasi belajar. note: Pembimbing: 1. Estina Ekawati, M.Pd.Si. 2. Epha Diana Supandi, M.Sc. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMP kelas VIII dibandingkan dengan metode konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu). Variabel penelitian terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan variabel terikat berupa prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purwanegara, Banjarnegara sebanyak 5 kelas terdiri dari 159 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dimana sampel dipilih berdasarkan kelas. Kelas VIII A dipilih sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test. Dari hasil pre-test dan post-test didapatkan kenaikan rata-rata nilai pre-test ke nilai post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Kelas eksperimen mengalami kenaikan rata-rata sebesar 20,152 dengan persentase 41,40% sedangkan kelas kontrol hanya sebesar 14,339 dengan persentase 30,03%. Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika dengan Thitung pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 1,990 sedangkan Ttabel sebesar 1,6708 yang berarti Thitung T tabel. date: 2011-06-23 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-06-23 11:25:24 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--novipuspar-6072-1-novipus-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/122/digilib-uinsuka--novipuspar-6072-1-novipus-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=6715 ; nama file lama : NOVI PUSPARINI - NIM. 06600024 EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 3090137 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NOVI PUSPARINI - NIM. 06600024, (2011) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6073/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6073/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf