eprintid: 60749 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/06/07/49 datestamp: 2023-10-02 07:54:41 lastmod: 2023-10-02 07:54:41 status_changed: 2023-10-02 07:54:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Farug Abdul Haris, NIM. 98413842 title: PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH KEJURUAN "UMMATAN WASATHON" IMOGIRI ispublished: pub subjects: kur_pen subjects: pdk divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pengembangan Kurikulum , Pendidikan Agama Islam, Madrasah Aliyah Kejuruan "Ummatan Wasathon" Imogiri note: Pembimbing : Suwadi M.Ag abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam bi dang studi Al Qur' an Hadits. Penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempumakan pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam bidang studi Al Qur'an Hadits di Madrasah Aliyah Kejuruan "Ummatan Wasathon" Imogiri tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Madrasah Aliyah Kejuruan "Ummatan Wasathon" Imogiri. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan data tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: ( 1) Kurikulum pendidikan Agama Islam bidang studi Al Qur' an Hadits mengacu pada kurikulum berbasis Kompetensi, yang berisikan tentang seperangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi yang dibakukan untuk mencapai tujuan nasional dan cara pencapaiannya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan daerah dan satuan pendidikan. (2) Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam bidang studi Al Qur'an-Hadits di Madrasah Aliyah Kejuruan "Ummatan Wasathon" Imogiri di awali pada tahun 1994 dengan melalui beberapa tahapan dan penyempurnaan serta modifikasi dengan berbagai kegiatan yaitu acara-acara yang berkaitan dengan bidang studi Al Qur'an-Hadits yaitu semaan yang diadakan seminggu dua kali di mulai pada jam ke nol, guna menambah kemampuan peseta didik dalam membaca Al Qur' an. Aspek-aspek yang dikembangkan oleh guru Al Qur'an Hadits adalah tentang materi pelajaran dan pembagian cara pembelajaran, yaitu bagi peserta didik yang berkemampuan atau yang pandai di bedakan dengan yang berkemampuan sedang agar supaya perbedaan tersebut dapat di akomodir dengan baik. (3) Faktor pendukung terhadap pengembangan kurikulum Al Qur'an Hadits adalah adanya semangat tinggi dari pihak pengajar dalam pengembangan kurikulum serta dengan kesadaran dan keteladan yang guru berikan untuk peserta didik. Faktor penghambatnya adalah belum adanya kesadaran dari peserta didik untuk memperhatikan guru dalam mengajar. Solusi yang diharapkan oleh guru Al Qr' an Hadits adalah agar supaya Madrasah memenuhi sarasa dan prasarana bagi kelancaran pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam bidang studi Al Qur'an-Hadits. date: 2006 date_type: published pages: 144 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiah dam Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Farug Abdul Haris, NIM. 98413842 (2006) PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH KEJURUAN "UMMATAN WASATHON" IMOGIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60749/1/98413842_BAB%20II_BAB%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60749/2/98413842_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf