eprintid: 60758 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/07/58 datestamp: 2023-10-16 08:31:38 lastmod: 2023-10-16 08:31:38 status_changed: 2023-10-16 08:31:38 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Niqen Salindri, NIM.: 16720013 title: STRATEGI BRANDING WISATA KULINER KHAS DAERAH (STUDI PADA INDUSTRI KULINER BAKPIA KUKUS TUGU JOGJA DI YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: _industri_pariwisata subjects: sosio divisions: jur_sos full_text_status: restricted keywords: Bakpia, Bakpia Kukus Tugu Jogja, Makanan Khas, Yogyakarta note: Pembimbing: Dr. Muryanti, S.Sos., M.A. abstract: Makanan khas daerah memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Bakpia menjadi salah satu buah tangan yang dicari wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta. Bakpia merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta yang memiliki akar puluhan tahun. Bakpia berkembang dari usaha rumahan kecil-kecilan menjadi industri kuliner makanan khas yang berkembang dan berinovasi. Munculah bakpia kukus pertama di Yogyakarta yaitu Bakpia Kukus Tugu Jogja. Bakpia Kukus Tugu Jogja memiliki bentuk yang berbeda dengan bakpia pada umumnya. Bakpia Kukus Tugu Jogja juga memiliki isian yang lebih beragam daripada bakpia pada umumnya. Kemasan yang digunakan Bakpia Kukus tugu jogja pun lebih premium dan higienis karena dikemas secara satuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perubahan sosial dalam perspektif Pierre Bourdieu yaitu Habitus-Modal-Arena. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi berupa gambar dilakukan sesuai dengan yang ada di lapangan. Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu Bakpia Kukus Tugu Jogja memiliki 4 strategi branding yang meliputi: menjadikan Bakpia Kukus Tugu Jogja brand top of mind awareness, menjual produk secara daring, membuka kemitraan dengan pihak ketiga, dan tidak berhenti untuk berinovasi. Industri kuliner makanan khas daerah sangat cepat berkembang, jadi pelaku usaha harus mengikuti perkembangan jaman. Semakin lama wasatawan tidak hanya membeli atau menginginkan hal-hal yang sudah umum. Wisatawan cenderung menyukai hal-hal yang baru yang memiliki nilai lebih untuk diri sendiri. Kebiasaan membeli buah tangan atau oleh-oleh saat mengunjungi suatu tempat dapat dipengaruhi oleh nilai dari produk yang dapat mengingatkan kita akan tempat yang telah kita kunjungi. date: 2023-08-15 date_type: published pages: 95 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Niqen Salindri, NIM.: 16720013 (2023) STRATEGI BRANDING WISATA KULINER KHAS DAERAH (STUDI PADA INDUSTRI KULINER BAKPIA KUKUS TUGU JOGJA DI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60758/1/16720013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60758/2/16720013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf