TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Sabaruddin, M.Si ID - digilib60771 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60771/ A1 - Ofik Taufiqurrohman, NIM. 9841 3892 Y1 - 2004/// N2 - Bahwa faktor-faktor yang melatarbelakangi penerapan program karantina adalah: pertama, santri harus diberikan tempat, motivasi, bimbingan, dan pengawasan yang khusus, sehingga muncul kesadaran untuk belajar dalam rangka menghadapi ujian akhir. Kedua, menjaga efektifitas dan efisiensi aktifitas belajar santri akhir serta aktifitas organisasi santri pada umumnya atau dengan kata lain menjaga stabilitas kehidupan santri dalam lingkungan kampus pesantren. Ketiga, Dalam rangka peningkatan prestasi belajar santri. Program ini dilaksanakan dengan cara mengelompokkan santri akhir sesuai dengan jurusan yang ada dan memencilkan atau menempatkan mereka ditempat khusus yang memang agak jauh dari asrama santri ainnya selama 3-4 bulan sebdum pelaksanaan ujian-ujian. Hal pcnting dalam masa karantina adalah bahwa bentuk motivasi, bimbingan, dan pengawasan yang lcbih dari majlis guru. Santri diberikan motivasi, bimbingan, dan pengawasan untuk selalu disiplin dalam belajar. Pencapaian prestasi belajar santri dari awal pelaksanaan hingga pelaksanaan tahun-tahun berikutnya, adalah fluktuatif-naik turunnya jumlah rata-rata hasil ujian. Sehingga perlu disadari prestasi belajar santri itu bukan hanya dipengaruhi oleh penerapan program karantina akan tetapi oleh banyak faktor. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Program Karantina KW - Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta M1 - skripsi TI - PENERAPAN PROGRAM KARANTINA DI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH JAKARTA AV - restricted EP - 106 ER -