%A NIM.: 16600037 Hidayati Indar Widiastari %O Pembimbing: Dr. Imam Machali, M.Pd %T ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY %X Salah satu tujuan pembelajaran penalaran matematis adalah membekali siswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk menerapkan penalaran berdasarkan pola dan fitur, menerapkan operasi matematika untuk menarik kesimpulan, mengumpulkan data, atau mempertahankan argumen matematika. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa apabila ditinjau dari tipe kepribadian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode kualitatif deskriptif adalah metode penelitian yang berusaha untuk mendeskripsikan suatu peristiwa secara sistematis mengenai fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Pacitan yang diambil berdasarkan tes kepribadian menggunakan angket penggolongan tipe kepribadian Keirsey. Berdasarkan hasil tes kepribadian tersebut, siswa dibagi menjadi 4 kelompok sesuai dengan tipe kepribadian masing-masing siswa, yaitu tipe Guardian, Artisan, Rasional, dan Idealis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah karakteristik siswa. Karakteristik siswa yang perlu diperhatikan guru yaitu berkenaan dengan kepribadian siswa. Hal ini berarti bahwa tipe kepribadian mempengaruhi tingkat kemampuan penalaran matematis siswa. %K Tipe Kepribadian, Matematika, Penalaran, Geometri. %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib60788