eprintid: 60788 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/07/88 datestamp: 2023-10-04 03:19:53 lastmod: 2023-10-04 03:19:53 status_changed: 2023-10-04 03:19:53 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Hidayati Indar Widiastari, NIM.: 16600037 title: ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Tipe Kepribadian, Matematika, Penalaran, Geometri. note: Pembimbing: Dr. Imam Machali, M.Pd abstract: Salah satu tujuan pembelajaran penalaran matematis adalah membekali siswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk menerapkan penalaran berdasarkan pola dan fitur, menerapkan operasi matematika untuk menarik kesimpulan, mengumpulkan data, atau mempertahankan argumen matematika. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa apabila ditinjau dari tipe kepribadian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode kualitatif deskriptif adalah metode penelitian yang berusaha untuk mendeskripsikan suatu peristiwa secara sistematis mengenai fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Pacitan yang diambil berdasarkan tes kepribadian menggunakan angket penggolongan tipe kepribadian Keirsey. Berdasarkan hasil tes kepribadian tersebut, siswa dibagi menjadi 4 kelompok sesuai dengan tipe kepribadian masing-masing siswa, yaitu tipe Guardian, Artisan, Rasional, dan Idealis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah karakteristik siswa. Karakteristik siswa yang perlu diperhatikan guru yaitu berkenaan dengan kepribadian siswa. Hal ini berarti bahwa tipe kepribadian mempengaruhi tingkat kemampuan penalaran matematis siswa. date: 2023-08-08 date_type: published pages: 152 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Hidayati Indar Widiastari, NIM.: 16600037 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60788/1/16600037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60788/2/16600037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf