@phdthesis{digilib60789, title = {KONSEP KOMUNIKATIF DALAM PENGAJARAN BAHASA (Studi Historikal-Deskriptif Pendekatan Komunikatif dan Aplikasinya Pada Pengajaran Bahasa Arab)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 98423912 Ahmad Fauzan}, year = {2004}, note = {Pembimbing : Drs. H. Nazri Syakur, MA}, keywords = {Konsep komunikatif, pengajaran bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60789/}, abstract = {Konsep pengajaran bahasa komunikatif bermula dari reaksi atas rasa ketidak-puasan para linguis pada sekitar tahun 1960-an. Di mana rasa ketidak?puasan ini dipicu dan diarahkan kepada pengajaran behasa model lama, Situasional Language Teaching, yang saat itu sangat mendominasi aktivitas belajar dan mengajar bahasa. Reaksi inilah yang kemudian meruntuhkan model pengajaran tersebut. Pada masa yang hampir bersamaan, Metode Audio-Lingual di Amerika-pun ditolak. Penolakan ini disebabkan keduanya dianggap tidak dapat mengakomodir kebutuhan-kebutuhan substansial pengajaran bahasa (Asing) dan dianggap menyimpang dari segi fungsionalitas bahasa yang merupakan hakekat bahasa. Konsep Komunikatif dalam pengajaran bahasa (asing) ini pada awalnya berbentuk silabus, akan tetapi berkat urun pendapat para ahli, berubah menjadi sebuah pendekatan. Teori-teori linguistik yang mendasarinya, yakni bahasa sebagai komunikasi, kemudian berkembang sehingga mencul sebuah pendekatan yang disebut pendekatan Komunikatif dan munc'ul pula pendekatan Pragmatik} }