%A NIM.98423919 Ahmad Yunus %O Pembimbing : Drs.Nizar Ali , M.Ag. %T PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTs WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Studi Perbandingan Antara Siswa Yang Menetap Di Pondok Pesantren Dengan Yang Di Luar Pondok Pesantren) %X Prestasi belajar bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim yang menetap di pondok pesantren dapat diketahui nilai rata- ratanya yaitu 7,442 sedangkan siswa yang menetap di luar pondok pesantren dapat diketahui nilai rata- rata prestasi belajar bahasa Arabnya 6,745. Hasil ini menunjukkan bahwa prestasi belajar bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim dapat dikatakan cukup baik. Dari nilai prestasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim di atas diketahui terdapat perbedaan nilai Mean hasil belajar bahasa Arab antara siswa yang bertempat tinggal di pondok pesantren dengan yang tinggal di luar pondok pesantren pada Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Y ogyakarta walaupun setelah dianalisis menggunakan tes "t" hasilnya perbedaan yang terjadi bukanlah merupakan perbedaan yang signifikan. Dengan demikian maka hipotesa altrenatif (ha) ditolak karena tidak dapat dibuktikan terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang bertempat tinggal di pondok pesantren dengan yang tinggal di luar pondok pesantren, sedangkan hipotesa nihil (ho) diterima karena dapat dibuktikan bahwasanya tidak terdapat perbedaan hasil belajar bahasa Arab yang signifikan antara siswa yang bertempat tinggal di pondok pesantren dengan yang tinggal di luar pondok pesantren. 3. Perbedaan prestasi belajar bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim bisa terjadi dikarenakan beberapa sebab atau faktor. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan prestasi belajar bahasa Arab antara siswa yang bertempat tinggal di pondok pesantren dengan yang tinggal di Iuar pondok pesantren pada Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim tersebut antara Iain: a. Faktor motivasi siswa sekolah di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Y ogyakarta b. Faktor bimbingan dan pengawasan dari orang lain dalam belajar bahasa Arab c. Faktor seberapa lama siswa kenal dan belajar bahasa Arab d. Faktor efektif tidaknya lingkungan tempat tinggal siswa e. Faktor bagaimana siswa membuat kelompok belajar bahasa Arab %K Prestasi siswa bahasa Arab, MTs Wahid Hasyim Yogyakarta %D 2004 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib60790