%0 Thesis %9 Skripsi %A Slamet Rokhiban, NIM. 98423958 %B Fakultas Tarbiah dam Keguruan %D 2005 %F digilib:60793 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Problematika belajar mengajar bahasa Arab, Madrasah Aliyah Negeri Maguwoharjo Sleman %P 125 %T PROBLEMATIKA BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB DI KELAS SATU MADRASAH ALIYAH NEGERI MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60793/ %X I. Sumber masalah atau problem yang ada dalam kegiatan belajar-mengajar bahasa Arab dapat di kelompokan menjadi tiga faktor a. Faktor dari Guru adalah: 1. Guru belum bisa memilih dan menggunakan media atau alat peraga yang menarik, memudahkan meteri dan menumbuhkan minat belajar. 2. Guru kurang menyiapkan diri dalam setiap kegiatan pembelajaran bahasa Arab sehingga kegiatan pembelajaran kurang efektif dan target tujuan yang seharusnya tercapai dalam setiap pembelajaran tidak tercapai. Hal ini karena tidak ditentukanya dahulu tujuan Insttuksional khusus dalam setiap materi pelajaran. b. Faktor yang datang dari siswa seperti 1. Siswa selama mengikuti proses belajar mengajar merasa terpaksa dan tidak mempunyai tujuan dalam belajar bahasa Arab. Siswa selalau dihinggapi rasa takut salah dan cemas ketika mengikuti pelajaran bahasa Arab disekolah. c. Faktor lain diantaranya 1. Faktor minimnya waktu belajar bahasa Arab di sekolah. 2. Sarana untuk belajar bahasa Arab belurn mencukupi. %Z Pembimbing : Drs.H. Mualif Syahlani, M.Pd