<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH PEMANASAN BERULANG MINYAK KELAPA TERHADAP SIFAT FISIS MAUPUN SIFAT KIMIA MINYAK KELAPA DAN KESEHATAN (TINJAUAN PUSTAKA) SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMU KELAS 3 KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI"^^ . "Penelitian mengenai pengaruh pemanasan berulang minyak kelapa terhadap sifat\r\nkimia minyak kelapa dan kesehatan (tinjauan pustaka) sebagai sumber belajar kimia\r\ndi SMU kelas 3 kurikulum berbasis kompetensi, telah dilakukan. Pengaruh\r\npemanasan berulang minyak kelapa terhadap perubahan sifat fisis dan sifat kimia\r\nminyak kelapa dipelajari secara ekperimental dengan menentukan angka iod, titik\r\nleleh, titik asap, angka Reichert-Meiss! dan angka Polenske minyak kelapa sebelum\r\ndan scsudah mcngalami pemanasan. Pengaruh pemanasan berulang terhadap\r\nkesehatan dipelajari dengan metoda penelusuran literatur. Dalam penelitian ini\r\ndipelajari juga kemungkinan digunakan hasil penelitian sebagai sumber belajar kimia\r\ndi SMU kelas 3 kurikulum berbasis kompetensi.\r\nPopulasi dan sampel adalah minyak kelapa yang diperoleh dengan metode\r\npengasaman. Pencuplikan sampel dilakukan secara acak yang terdiri dari 5 kelompok\r\nyaitu minyak yang telah dipanaskan I kali (K 1), yang telah dipanaskan 2 kali (K2),\r\nyang telah dipanaskan 3 kali (K3), yang dipanaskan 4 kali (K.1) dan yang dipanaskan 5\r\nkali (Ks). Penentuan angka iod dilakukan menggunakan metode titrasi iodometri.\r\nTitik leleh ditentukan pada suhu di mana minyak mulai meleleh. Titik asap ditentukan\r\npada saat timbulnya asap biru tipis ketika minyak dipanaskan. Angka ReichertMeissel\r\ndan angka Polenske minyak kelapa ditentukan secara simultan, di mana\r\nangka Reichert-Meiss! menunjukkan jumlah asam lemak-asam Iemak yang mudah\r\nmenguap dan dapat larut dalam medium air (C4-C6), sedangkan angka Polenske\r\nmenunjukkan jumlah asam lemak-asam lemak yang mudah menguap, tetapi tidak\r\ndapat larut dalam medium air (C8-C14).\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses pemanasan telah terjadi\r\nreaksi oksidasi terhadap minyak kelapa setelah pemanasan 1, 2, 3, 4 dan 5 kali\r\nberturut-turut yang ditunjukkan dari menurunnya angka iod [yaitu: ( 14 l ,5 l sebelum\r\npemanasan) 113,52; I 07,93; 102,73; 97, 14 dan 82,35], meningkatnya titik leleh\r\nfyaitu: (15,5°C-22,3°C sebelurn pemanasan) l 8,0°C--25,0°C; l 8,5°C--22,0°C; 19,0°C-\r\n28,0\"C; l9,5°C-25,75°C dan I 9,5°C-27,5\"C, menurunnya titik asap lyaitu: (I 80\"C\r\nsebelum pemanasan) 179°C; 172°C; 174°C; 168°C dan 160°C], angka ReichartMcissl\r\n[yaitu: (0,55 sebelum pemanasan) 0,55°C; I 6,50°C; 0,00°C; 6,60°C dan\r\nJ ,65°C, scrta angka Polenske [yaitu: (2,5 scbelum pcmanasan) 2,5; 7,5; I ,5; 7,5 dan\r\n3,5]. Secara umum, pengaruh pemanasan berulang minyak kelapa mengganggu\r\nkesehatan terutama dikarenakan terbentuknya radikal bebas yang dapat merusak\r\njaringan tubuh dan mengganggu proses biologis tubuh. Produk penelitian\r\ndipertimbangkan dapat dijadikan sebagai sumber belajar kimia di SMU terutama pada\r\npokok bahasan makro molekul di kelas 3 kurikulum berbasis kompetensi."^^ . "2005-05-16" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "fAKULTAS TARBIYAH, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM : 00440496"^^ . "Nur Hidayati"^^ . "NIM : 00440496 Nur Hidayati"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMANASAN BERULANG MINYAK KELAPA TERHADAP SIFAT FISIS MAUPUN SIFAT KIMIA MINYAK KELAPA DAN KESEHATAN (TINJAUAN PUSTAKA) SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMU KELAS 3 KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (Text)"^^ . . . . . "00440496_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGARUH PEMANASAN BERULANG MINYAK KELAPA TERHADAP SIFAT FISIS MAUPUN SIFAT KIMIA MINYAK KELAPA DAN KESEHATAN (TINJAUAN PUSTAKA) SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMU KELAS 3 KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (Text)"^^ . . . . . "PENGARUH PEMANASAN BERULANG MINYAK KELAPA TERHADAP SIFAT FISIS MAUPUN SIFAT KIMIA MINYAK KELAPA DAN KESEHATAN (TINJAUAN PUSTAKA) SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMU KELAS 3 KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMANASAN BERULANG MINYAK KELAPA TERHADAP SIFAT FISIS MAUPUN SIFAT KIMIA MINYAK KELAPA DAN KESEHATAN (TINJAUAN PUSTAKA) SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMU KELAS 3 KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMANASAN BERULANG MINYAK KELAPA TERHADAP SIFAT FISIS MAUPUN SIFAT KIMIA MINYAK KELAPA DAN KESEHATAN (TINJAUAN PUSTAKA) SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMU KELAS 3 KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMANASAN BERULANG MINYAK KELAPA TERHADAP SIFAT FISIS MAUPUN SIFAT KIMIA MINYAK KELAPA DAN KESEHATAN (TINJAUAN PUSTAKA) SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMU KELAS 3 KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMANASAN BERULANG MINYAK KELAPA TERHADAP SIFAT FISIS MAUPUN SIFAT KIMIA MINYAK KELAPA DAN KESEHATAN (TINJAUAN PUSTAKA) SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMU KELAS 3 KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMANASAN BERULANG MINYAK KELAPA TERHADAP SIFAT FISIS MAUPUN SIFAT KIMIA MINYAK KELAPA DAN KESEHATAN (TINJAUAN PUSTAKA) SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMU KELAS 3 KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMANASAN BERULANG MINYAK KELAPA TERHADAP SIFAT FISIS MAUPUN SIFAT KIMIA MINYAK KELAPA DAN KESEHATAN (TINJAUAN PUSTAKA) SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMU KELAS 3 KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMANASAN BERULANG MINYAK KELAPA TERHADAP SIFAT FISIS MAUPUN SIFAT KIMIA MINYAK KELAPA DAN KESEHATAN (TINJAUAN PUSTAKA) SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMU KELAS 3 KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #60794 \n\nPENGARUH PEMANASAN BERULANG MINYAK KELAPA TERHADAP SIFAT FISIS MAUPUN SIFAT KIMIA MINYAK KELAPA DAN KESEHATAN (TINJAUAN PUSTAKA) SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMU KELAS 3 KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI\n\n" . "text/html" . . . "Kimia"@en . .