@phdthesis{digilib60799, month = {July}, title = {PRAKTIK PEMBENTUKAN CITRA DIRI MELALUI FENOMENA FOODSTAGRAMMING DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI FENOMENOLOGI PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18107020052 Satria Hamzah Rahadiansyah}, year = {2023}, note = {Pembimbing: B. J. Sujibto, S. Sos., M.A}, keywords = {Foodstagramming, Citra Diri, Mahasiswa, Sosiologi Media}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60799/}, abstract = {Tren foodstagraming atau dalam arti memotret makanan sebelum memakannya dan kemudian mengunggahnya di media sosial instagram merupakan sebuah agenda wajib di era media sosial ini, terutama bagi generasi milenial dan generasi Z. Di era media sosial saat ini memposting segala kegiatan di media sosial merupakan hal yang biasa, hal tersebut bertujuan untuk membentuk sebuah citra diri di media sosial. Kegiatan pembentukan citra diri salah satunya yaitu dengan memposting mengenai makanan dan minuman yang mungkin bisa dibilang mahal dan lezat. Tentu dengan memposting hal tersebut memiliki tujuan tertentu. Didasari dari ketertarikan peneliti tentang ilmu sosiologi media, oleh sebab itu peneliti tertarik untuk meneliti mengenai proses dalam melakukan foodstgraming dan pembentukan citra diri melalui foodstagraming. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin menelisik bagaimana proses dan praktik foodstagraming. Selain itu juga Ingin mengetahui bagaimana proses pembentukan citra diri dalam praktik foodstagramming yang dilakukan oleh mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumen atau arsip. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa citra diri yang dibangun melalui kegiatan foodstagrammig berupa citra diri yang informatif dan rekomendatif. Dalam proses foodstagramming melaui tiga tahap yaitu tahap stimulus, tahap persiapan, dan tahap eksekusi.} }