%0 Thesis %9 Skripsi %A SRI PUJI LESTARI - NIM. 06600046, %B Fakultas Saintek %D 2011 %F digilib:6080 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K pembelajaran matematika, open-ended problem, think-pair-share, kemampuan berpikir kreatif %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM DENGAN MODEL THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 DLINGO BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6080/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika berbasis open-ended problem dengan model think-pair-share lebih efektif dibandingkan pembelajaran matematika konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Dlingo, Bantul, Yogyakarta pada Semester Gasal Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D dan VIII E semester 1 SMP Negeri 1 Dlingo tahun ajaran 2010/2011. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yang diambil secara teknik cluster random sampling, yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen, kelas VIII B sebagai kelas kontrol, sedangkan untuk kelas uji coba adalah kelas IX A. Posttest dilakukan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah diberi perlakuan. Soal tes yang diberikan, terlebih dahulu telah diujicobakan di kelas uji coba. Berdasarkan uji normalitas, populasi berdistribusi normal sehingga uji hipotesis dengan uji-t dapat dilakukan. Ho ditolak jika t hitung?? -?t tabel. Hasil perhitungan pada uji hipotesis diperoleh t hitung =-4,781 amp;#8722;1,668=-?t tabel, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Artinya, rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang mengikuti pembelajaran matematika berbasis open-ended problem dengan model think-pair-share lebih tinggi dibandingkan rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang mengikuti pembelajaran matematika konvensional. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran matematika berbasis open-ended problem dengan model think-pair-share lebih efektif dibandingkan pembelajaran matematika konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. %Z Pembimbing: 1. Dra. Hj. Khurul Wardati, M. Si. 2. Iwan Kuswidi, S. Pd. I., M.Sc.