%0 Thesis %9 Skripsi %A Miranda Yulianti, NIM: 16690033 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:60807 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Efektivitas, Ensiklopedia, Hasil belajar, Integrasi-Interkoneksi %P 117 %T EFEKTIVITAS ENSIKLOPEDIA IPA BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI ISLAM SAINS PADA SISWA KELAS VII %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60807/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas ensiklopedia IPA berbasis integrasi-interkoneksi Islam sains pada siswa kelas VII. Apabila sudah diketahui keefektifannya maka ensiklopedia ini dapat direkomendasikan untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes, dengan instrumen berupa lembar soal pre-test dan post-test serta lembar angket respon siswa. Teknik analisis data kognitif yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan Normalized N-Gain dan Efffect Size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan ensiklopedia IPA bebasis integrasi-interkoneksi Islam sains efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan nilai N-Gain sebesar 0,52 dengan klasifikasi sedang pada kelas eksperimen dan nilai N-Gain sebesar 0,29 dengan klasifikasi rendah pada kelas kontrol serta nilai Effect Size sebesar 0,8 dengan kriteria tinggi. Persentase respon siswa terhadap ensiklopedia sebesar 75,5% dalam kategori setuju %Z Pembimbing: Ika Kartika, S.Pd., M.Pd. Si.