@phdthesis{digilib60815, title = {PENGEMBANGAN KURIKULUM MATEMATIKA (STUDI TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SLTP MUHAMADIYAH 3 DEPOK YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2003/2004)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 9843 3993 Hajjah Mahmudah}, year = {2004}, note = {Pembimbing : Drs. Rachmadi Widdiharto, MA}, keywords = {Pengembangan Kurikulum Matematika, SL TP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60815/}, abstract = {Di Dalam pengembangan kurikulum banyak tenaga pengembang yang berperan penting agar kurikul um tersebut dapat dilaksanakan dengan baik dan bermanfaat, diantaranya adalah peranan pakar ilmu Pendidikan, peranan administrator Pendidikan, peranan guru dalam pengembangan Kurikulum di kelas, serta peranan peserta didik dimana mereka merupakan sumber utama dalam pengembangan kurikulum Satuan pembelajaran dan rencana pembelajaan yang dibuat oleh guru dalam menyampaikan sistem pembelajaran meliputi: Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Materi Pokok, Indikator, Kegiatan Belajar, dan Penilaian. Adapun pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran berbasis kompetensi disini adalah pendekatan kontekstual, serta sistem penilaian yang bersifat portofolio dimana nilai semua pekerjaan atau tugas-tugas yang dikerjakan oleh siswa dikwnpulkan untuk mengetahui pencapaikan kompetensi dasar siswa. Adapun Sistem pengembangan kurikulum dalam pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi di SL TP Muhammadiyah 3 Depok sendiri dapat ditempuh dengan cara, yaitu penetapan kompetensi yang mengacu pada Kurikulum 2004 yakni mengupayakan agar peserta didik (siswa) dapat menguasai kemampuan yang ditetapkan oleh sekolah.} }