TY - THES N1 - Pembimbing: Dra. Hj. Siti Barirotun ID - digilib60816 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60816/ A1 - Najmatul Millah, NIM.: 00410123 Y1 - 2004/07/28/ N2 - Proses pembelajaran merupakan terjadinya integrasi guru dengan siswa dalam rangka menyampaikan bahan pelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuan pengajaran. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah, terdapat beberapa aspek kemampuan yang harus dikuasai dan dilakukan oleh guru dalam mengajar, agar kegiatan belajar mengajar dapat efektif. Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah merupakan lembaga pendidikan formal yang menerapkan proses belajar mengajar yang tak lazim, artinya disamping menggunakan kurikulum Depag (Departemen Agama) ditambah kurikulum dari yayasan Madrasah itu sendiri, yaitu dengan mata pelajaran Mabaadi' al­Fiqih. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode random sampling dengan mengambil sample sebanyak 20% dari populasi yang ada agar data yang dikumpulkan representatif. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Dalam menganalisa data penulis menggunakan dua macam analisa, yaitu bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1). Rumusan pembelajaran Mabaadi' Al-Fiqih di Madrasah Salafiyah Surabaya terdiri dari komponen-komponen yang sating berkaitan antara satu dengan yang lainnya yakni a. Tujuan pembelajaran Mabaadi' Al-Fiqih b. Materi Pelajaran Mabaadi' Al-Fiqih yang disampaikan c. Metode pengajaran Mabaadi' Al-Fiqih d. Evaluasi ( Penilaian ) 2). Proses pembelajaran Mabaadi' Al-Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Surabaya meliputi pentahapan sebagai berikut: a. Tahap Pra lnstruksional b. Tahap Instruksional c. Tahap Evaluasi 3. Hasil yang di capai selama proses pembelajaran berlangsung dinilai cukup berhasil, walaupun nilai tersebut belum dikatakan maksimal dalam artian termasuk taraf lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 7,56. Hal tersebut apabila dianalisis disebabkan oleh adanya berbagai faktor distoris. Seperti adanya guru, metode, materi yang cukup berkualitas, yang mana ketiganya dianggap lebih signifikan dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - pembelajaran ; pelajaran Mabaadi? al-Fiqih; peserta didik; MI Salafiyah M1 - skripsi TI - PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MABAADI' AL-FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH SURABAYA AV - restricted ER -